12 KESALAHAN ORANGTUA

Kesalahan kadangkala terjadi saat mendidik anak. Namun, dengan memahami berbagai macam kesalahan, orangtua bisa meminimalisir berbagai kesalahan.

  1. Memerintah

adalah salah satu gaya yang kerap dilakukan oleh orangtua. Yaitu orangtua memberi perintah dan anak melaksanakan perintah. Contohnya, โ€œMama tidak mau dengar alasan kamu, sekarang masuk kamar dan bereskan kamarmu!โ€

Lalu bagaimana sikap yang sebaiknya dilakukan orangtua? Memberi penghargaan saat mereka berperilaku baik adalah langkah yang paling bijak. Misalnya, โ€œBunda senang lihat Adek bisa meletakkan handuk di tempatnya sehabis mandi!โ€. Maka anak Anda pasti senang dan akan mengulanginya lagi.

  1. Menyalahkan

Seratusinstitute.com menuliskan contoh kalimat menyalahkan pada anak adalah, โ€œTuh mama bilang juga apa! Jangan lari-lari kan jatuh sekarang! Salah kamu gak mau denger, kualat!โ€

Saat anak terjatuh lalu menangis, kita harus mengajarinya bangkit. Bahkan saat kita tidak berkata apa apa pun, anak akan berusaha bangkit sendiri. Terkadang tangisan anak malah terjadi karena orangtua terlalu overacting. Sesekali, diam saja dan berikan anggukan senyum atau berikan tangan Ayah dan Bunda untuk membantunya bangkit.

Bila ia terluka, cukup peluk untuk menghentikan tangisannya dan ajak dia untuk mengobati lukanya. Tindakan-tindakan ini lebih hemat kata-kata, lebih hemat tenaga, tapi lebih efektif untuk membentuk perilaku positif.

  1. Meremehkan

Contohnya, anak ingin membantu Ibu untuk menyuci piring. Namun sang Ibu mengatakan, โ€œGa usahlah paling juga gak bersih malah menghabiskan air sama sabun!โ€ Hati-hati bunda, ini akan berdampak buruk pada anak. Salah satunya, anak enggan untuk berinisiatif demikian lagi.

  1. Membandingkan

โ€œKenapa sih kamu gak bisa seperti si Lia? Coba liat, dia juara terus gak kayak kamu boro-boro.โ€

Orangtua ingin memberi motivasi dengan memberi contoh tentang orang lain, tapi anak menanggapi bahwa dia tidak disayang dan selalu di banding-bandingkan.

  1. Melabel

Contoh label yang direkatkan pada anak antara lain; anak nakal, penakut, malas, dan sebagainya. โ€œKamu penakut amat sih! tidur sendiri aja masih ga berani.โ€

  1. Mengancam

โ€œKalo kamu ngerengek terus di jalan nanti ditangkep pak satpam loh.โ€

โ€œJangan main jauh-jauh nanti terjadi apa-apa.โ€

Karenanya, saat anak melakukan kesalahan serius, coba berhenti dari aktivitas kita, lalu minta anak untuk datang. Bicara dengan tegas namun tetap lembut, jelaskan perasaan kita dan tunjukkan prilaku anak yang mana yang harus diperbaiki serta sepakati konsekuensi yang akan didapat apabila anak mengulangi prilaku negatif itu lagi, contohnya, โ€œNina, Ibu khawatir kalau Nina main terlalu jauh. Kalau mau main agak jauh, ijin dulu ke Ibu ya supaya nanti Ibu temani.โ€

  1. Menasehati

โ€œMakanya kamu tuh jadi anak harus โ€ฆโ€

Sebaiknya gunakan kalimat yang spesifik pada perilaku yang kurang tepat dan fokus memperbaiki di sana.

Misalnya, โ€œRiana, seharusnya Riana sudah pulang sebelum jam 5 Sore. Kalau Riana terlambat pulang, kamu bisa terlambat mandi dan mengerjakan PR, Riana mengerti, kan?โ€

  1. Membohongi

โ€œAh cuma sedikit lukanya, besok juga sembuh.โ€

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah jujur dan proporsional dalam berkomunikasi dengan anak.

Ungkapkan dengan penuh kasih sayang. Saat pergi ke kantor, sampaikan apa yang sebenarnya dengan kata-kata yang mudah ia pahami misalnya seperti, โ€œElla, Ayah mau pergi ke kantor dulu ya, nanti sore habis Ella mandi, Ayah akan pulang kita bisa main lagi sama sama.โ€

Mungkin anak tetap menangis, tapi lama kelamaan dia belajar bahwa Ayahnya memang akan tetap pergi, tapi sore nanti pasti datang. Ini menciptakan rasa aman dalam dirinya.

  1. Menghibur

Hal ini kerap kali terjadi pada anak, ketika ia iri dengan adiknya yang memiliki es krim misalnya. Sebagian besar orangtua berkata, โ€œYa sudah nggak usah rewel, besok dibelikan es krim yang lebih enak dari punya adik.โ€

  1. Mengkritik

โ€œMasa gini aja ga bisa sih! ini kan soal gampang please deh.โ€

Apa yang seharusnya kita lakukan? Seringkali usia dijadikan acuan tentang banyaknya pengetahuan juga banyaknya pengalaman. Pada zaman dulu hal ini bisa jadi benar, namun untuk saat ini, kondisi itu tidak berlaku lagi. Siapa yang lebih banyak mendapatkan informasi dan mengikuti kegiatan kegiatan, maka dialah yang lebih banyak tahu dan berpengalaman.
10
Oleh sebab itu, janganlah merasa menjadi orang yang paling tahu, paling hebat, paling alim. Dengarkanlah setiap masukan yang datang dari anak kita.

11 Menyindir

โ€œHaduh tumben mau bersih-bersih tempat tidurโ€. Percayalah, kalimat tersebut justru membuat hati anak menjadi down atas usaha perubahan baik yang ia lakukan.

12 Menganalisa

Kalimat menganalisa ini contohnya โ€œKayaknya kalo kamu belajar lebih giat gak bakal kena remidi seperti ini.โ€

Maksud baik orangtua untuk membuat anak dapat menginstropeksi diri memang baik, tetapi dengan kalimat langsung yang cenderung menjudge, akan membuat anak merasa semakin bersalah dan terpojok. Oleh sebab itu, ambillah tanggung jawab selaku orangtua secara berimbang

.

Parenting

Anak bertengkar dengan temannya , perlukah orang tua ikut campur ??

Semakin bertambah usianya, anak-anak makin mengenal banyak orang. Jumlah teman pun bertambah, dari yang tadinya hanya teman main di sekitar lingkungan rumah, kemudian mendapat kenalan baru di sekolah.

Nah, yang namanya pertemanan pasti nggak selalu mulus kan, Ma? Kalau orang dewasa saja kadang berselisih paham dengan teman, anak-anak juga bisa mengalaminya.

Mungkin alasan pertengkaran anak lebih sepele. Hanya karena berebut mainan atau tidak bisa menerima kekalahan dalam sebuah permainan.

Tapi tak jarang pertengkaran mereka berujung tangis dan kontak fisik. Alhasil, bukan hanya anaknya yang bertengkar, tapi para Mama pun ikut turun membela buah hati masing-masing.

Sebenarnya, perlu nggak sih Mama ikut campur ketika Si Kecil bertengkar dengan teman? Latih kemampuan sosial anak dengan membiarkannya selesaikan masalah sendiri

[Orangtua mana yang tega melihat anaknya disakiti? Pasti gak ada dong! Ketika melihat Si Kecil bertengkar dengan teman sampai menangis, Mama pasti nggak tega dan ingin membelanya. Sebaiknya urungkan niat Mama, karena hal ini justru membuat anak semakin tidak mandiri.

Kondisi emosional anak masih labil sehingga ia belum paham apa itu toleransi, menyikapi masalah, dan menjaga hubungan baik. Wajar jika ia masih sangat sensitif dan mudah terpancing emosinya.

Ketika bertengkar dengan teman, ia sebenarnya sedang melatih kecerdasan sosialnya. Bagaimana ia harus menghadapi masalah dan belajar mengalah.

Maka selama pertengkaran mereka nggak berbahaya, sebaiknya Mama cukup mengamati dari jauh.

Agar Mama tidak khawatir, beri pengertian pada Si Kecil untuk segera meminta pertolongan jika ia dilukai.

Emosi anak kecil yang masih meledak-ledak kadang nggak bisa ditebak. Bisa saja pertengkaran mereka sampai menimbulkan kontak fisik seperti saling pukul.]

2.Jangan menegur dan membela di depan banyak orang

[Sama halnya jika Si Kecil ternyata bertindak sebagai pelakunya. Jangan memarahinya di depan teman-teman.

Hal ini akan berdampak buruk pada psikologis anak. Membela anak di depan orang banyak akan membuatnya besar kepala. Sementara temannya yang Mama tegur merasa malu dan bisa saja menimbulkan dendam.

Bahas masalah pertengkaran ini di rumah, ketika suasana hati Si Kecil sudah lebih stabil. Nasehati ia agar lebih menghargai orang lain.

Mama juga sebaiknya menghindari kalimat pembelaan yang memicu dendam, seperti โ€œBesok lagi jangan mau dinakalin. Kamu balas saja atau lapor sama Mama.โ€

Kalimat ini lebih baik diganti dengan โ€œTadi kan sudah maaf-maafan, besok main lagi ya sama Budi. Jangan bertengkar lagi ya anak baik. โ€œTidak perlu membenci mama teman si kecil

[Penyakitnya para Mama ketika melihat anaknya bertengkar adalah ikut saling membenci.

Padahal ketika anak-anak bertengkar, para Mama tidak ada di tempat. Hanya karena naluri seorang Mama yang tidak ingin anaknya terluka atau disakiti.

Banyak kasus permusuhan antar tetangga yang disebabkan oleh hal sepele ini. Hanya karena anaknya bermusuhan, orangtuanya pun nggak mau kalah.

Sebagai orangtua bijak, pertengkaran antara anak dengan teman harusnya bisa diambil sisi positifnya. Tugas Mama memang melindungi, tapi bukan berarti membebaskannya dari masalah.

Berikan ia kesempatan untuk belajar menyelesaikan masalahnya sendiri dengan teman. Bekali dengan nilai-nilai sosial yang terpuji, agar selalu bisa bersikap baik di tengah masyarakat.

Mama, sesungguhnya pertengkaran merupakan salah satu proses sosial yang akan dilalui Si Kecil. Baiknya, sebagai orangtua mengamati dengan baik apa sebenarnya pemicu pertengkaran anak.

Ajarkan anak untuk tidak mudah terpancing emosi dan jika ia sulit menahan emosinya saat dijahili temannya, Mama dapat meminta Si Kecil untuk tidak menjadi pemarah dan harus menjadi anak yang pemaaf dan berani meminta maaf ya, Ma. Memukul atau dipukul duluan kasusnya sama,

Solusi terbaik tetap dihadirkan dari rumah atau dukungan dari keluarga,
Tinggal dibalik aja seperti kasus sebelumnya, dianalisis bersama2 kalau yg dibahas lebih dulu adalah ketika anak menjadi korban, dibalik sj keadaannya ketika anak menjadi pelakunya,

Pelajaran terbaik berawal dari didikan keluarganyaโญ

Seperti biasa ( perbanyak dialog dg pertanyyan dan diajak berfikir bersama2 knp dia bisa seperti itu, lalu beri konsekuensi dirumah,nasihati jgn didepan umum, ajari tangguh untuk berani meminta maaf)

Selamat membaca,
Jgn lupa dibintangi dulu supaya ndak ketindih โญโค๏ธ

Sumber kak Intan

7 Tips dan Cara Mendidik Anak yang Baik, Benar dan Efektif di Usia Emas

Tips sukses cara mendidik anak yang baik memiliki banyak metode. Seberapa besar tingkat kesuksesan dari metode yang diterapkan tentu tergantung dari seberapa efektif masing-masing orang tua dalam memberikan kontribusi kepada anak-anaknya. Agar Ayah Bunda tak bingung dalam memberikan arahan untuk anak, berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak yang baik, benar dan bijak yang bisa Anda coba.

1. Bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang yang tulus

Sebagai orang tua, selalu bersikap lembut kepada anak adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Sebab hanya dengan tutur kata yang lembut, seorang anak akan mendengarkan perkataan dari orang tuanya. Selain dituntut untuk bersikap lembut kepada anak, orang tua juga selayaknya memberikan kasih sayang yang tulus dan utuh kepada anak. Salah satu contohnya adalah dengan mengatakan kepada anak bahwa Ayah Bunda sangat menyayanginya. Pelukan atau ciuman juga bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi jiwa sang anak yang bisa Ayah Bunda lakukan.

2. Jadilah pendengar yang baik dan berikan dukungan

Mungkin anak Anda pernah merasakan di olok-olok oleh teman sebayanya. Sebagai orang tua yang baik, cobalah untuk melakukan pendekatan agar si anak mau bercerita. Di saat seperti itu Anda dituntut untuk menjadi pendengar yang baik dan mampu mendengarkan semua keluh dan kesah si kecil. Ini adalah kunci sukses dalam membangun rasa percaya diri sang anak.

3. Bangun kreatifitas dengan bermain bersama

Mengajarkan anak bukan berarti harus selalu membuat “peraturan-peraturan baru” yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi juga bisa dengan cara bermain bersama. Biarkan ia mempelajari sesuatu dari Anda dengan cara-cara yang jauh lebih menyenangkan seperti bermain, menari atau bermain musik bersama.

4. Hindari menggunakan kata “Jangan”( terlalu banyak melarang)

Inilah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang tua. Di saat anak tengah bereksperimen yang mungkin sedikit membahayakan, orang tua umumnya berkata “jangan” kepada anaknya. Sesungguhnya kata ini apabila terlalu sering diucapkan oleh orang tua kepada anaknya justru dapat berakibat negatif yang menyebabkan sang anak tidak berkembang kreatifitasnya. Untuk mengganti kata “jangan”, Anda sebaiknya menggunakan kata lain yang bermakna lebih positif. Contoh kasusnya seperti misalnya ada anak yang berlari, lalu bundanya berkata “Jangan lari!”. Sesungguhnya yang dimaksud sang bunda adalah “berjalan” saja akan tetapi sang anak tidak menangkap maksud ini. Jadi kalimat yang sebaiknya digunakan adalah “Berjalan saja” atau “Pelan-pelan saja” dan lain sebagainya.

5. Jadilah panutan dan idola untuk anak

Pada umumnya setiap anak memiliki idola “superhero” di dunia imajinasinya. Namun di dunia yang sesungguhnya, ia juga pasti ingin memilikinya. Anda sebagai orang tua sebisa mungkin mencoba untuk menjadi apa yang diinginkan sang anak dan selalu bisa diandalkan. Salah satunya adalah dengan melakukan apa pun yang menurut Anda terbaik untuk bisa diberikan kepada putra-putri Anda.

6. Berikan rasa nyaman

Tumbuhkanlah rasa nyaman saat anak sedang bersama dengan Anda. Ajaklah untuk berdiskusi kecil di sela-sela kebersamaan Anda. Agar anak merasa nyaman, sebaiknya jangan menjadi yang merasa paling tahu segalanya sehingga membuat Anda terkesan mendominasi pembicaraan. Jadikan ia seperti seorang teman yang juga perlu untuk Anda dengarkan dengan baik dan penuh rasa simpati.

7. Tumbuhkan sikap menghormati

Ajarkan ia untuk selalu menghormati siapa pun orangnya, baik orang yang lebih tua maupun teman sebayanya. Hal ini penting untuk ditumbuhkan semenjak usia dini karena di kemudian hari saat ia dewasa ia dapat berlaku hormat kepada semua orang.

Semoga bermanfaat

Youtube@Deju-Salju

VidioMuslimah

โœจโœจ๐Ÿƒ๐Ÿ’–๐Ÿƒโœจโœจ๐ŸŒŸ NEW NORMAL ๐ŸŒŸ

Sekarang sedang rame-ramenya upaya “new normal” sebagai bentuk upaya mengalahkan virus corona demi kesehatan jasmani.

Berikut upaya-upaya “new normal” agar rohani kita sehat, mampu mengalahkan dari virus-virus maksiat dan dosa yang sudah merajalela :

1๏ธโƒฃ “New normal” ๐Ÿ’ก dengan TAUBAT sebagai landasan perubahan pola kehidupan kita yang tidak pas dengan rel Syariat, menuju jalan yang diridloi dengan menjadi hamba yang sholih/sholihah.

2๏ธโƒฃ “Masker” ๐Ÿ˜ท dengan ASSHUMTU (diam meninggalkan perkataan yang tidak baik/tak berguna) agar kita tak menulari/tertular virus ghibah, tidak jujur, fitnah/hoax dll.

3๏ธโƒฃ “Sanitizer” ๐Ÿงด dengan ISTIGHFAR membersihkan dosa maksiat yang kita tahu maupun yang tidak kelihatan, saat berinteraksi dengan orang lain.

4๏ธโƒฃ “Sosial distancing” โ›“๏ธ dengan SABAR, menahan diri dan meninggalkan hal-hal yang tak berfaedah dan menjaga jarak dari perkara-perkara yang mengundang nafsu syahwat.

5๏ธโƒฃ “Cek suhu” ๐ŸŒก๏ธ dengan MUHASABAH apakah ada indikasi bahwa nafsu dan emosi kita meningkat atau tetap terkendali.

6๏ธโƒฃ “Rapid test” ๐Ÿฉบ๐Ÿ”ฌ dengan MUNAJAT memohon petunjuk agar batin kita dibersihkan kembali jika telah terpapar sifat-sifat tidak baik, dengki, egois, marah, malas, su’udhon dll.

7๏ธโƒฃ “Imunisasi” ๐Ÿ’Š๐Ÿ’‰ dengan DZIKIR, TILAWAH QUR’AN DAN DOA agar batin kita memiliki imun/kekebalan ๐Ÿ’ช๐Ÿป terhadap virus-virus yang dibawa nafsu dan setan yang mmbayangi setiap langkah kita.

Selamat menjalani perubahan tuk menjadi hamba yang sukses Dunia Akhirat
โœจโœจโœจโœจโœจโœจ

#haramain #mediaIslami #motivasi
#mekkahmadinah
#kalamulama #hafidzquran
#sditmatahati
#komikmuslimah
#PKS
https://youtu.be/oaEdoPgNme0
https://youtu.be/lDWkMQE926s
https://dejusalju.blogspot.com/?m=1
https://mobileedukasikarakter.wordpress.com/
#jsitindonesia
#JSITKabupatenBandung #jsit_indonesia #pemudahijrah
#jsitjabar #parentingIndonesia
bit.ly/InstragramDeju_Salju
https://m.youtube.com/watch?v=ZuTocfyVTpI&feature=youtu.be
#musikpositif #Vidiomotivasi #lagusholawat #laguanakindonesia
#iqomic #komikindonesia #negeriakhirat #kajianislam #pksmuda  #kartundakwah #kartunislami  #kartunmuslimahquote #kartunmuslimah #edukasi #melukis

Ucapan mohon maaf, momen Idul Fitri

ุจูุณู’ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู€ู€ู€ู€ู€ู…

ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู

Menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadhan, dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati ijinkan kami sekeluarga “SDIT Matahati” menyampaikan “Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1441 H”

ุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ู…ูู†ู‘ูŽุง ูˆูŽู…ู†ูู’ูƒูู…ู’ ุตููŠูŽุงู…ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ูŽูƒูู…ู’,
ูƒูู„ู‘ู ุนูŽุงู…ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุจูุฎูŽูŠู’ุฑู. ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ูˆูŽุฅููŠู‘ูŽุงูƒูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูŽุงุกูุฏููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู„ููŽุงุกูุฒููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู…ูŽู‚ู’ุจููˆู’ู„ููŠู’ู†ูŽ.

Mohon maaf lahir batin atas segala salah dan khilaf kami selama ini,
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan ampunan, ketetapan iman, kesehatan, rezeki yang melimpah, keluarga yang soleh solehah, umur yang barokah dan dapat bertemu lagi di bulan Ramadhan yang akan datang, Insya Allah Subhanahu Wa Ta’ala Aamiin Aamiin yaa Rabbal ‘Alamiin

ูˆูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู

Betapa sedih ditinggal ramadhanku

Tutup Ramadhan mu dengan hal ini
โ€˜Umar bin โ€˜Abdul โ€˜Aziz pernah membuat tulisan yang ingin dikirimkan ke berbagai ke negeri. Isi surat tersebut adalah memerintahkan mereka untuk menutup bulan Ramadhan dengan istighfar dan shodaqoh yaitu zakat fithrah. Karena zakat fithrah menyucikan orang yang berpuasa dari hal-hal yang sia-sia dan dari kata-kata yang haram. Sedangkan bacaan istighfar adalah sebagai penambal atas kekurangan yang dilakukan saat puasa karena melakukan hal-hal yang sia-sia dan haram.
(Lathoiful Maโ€™arif, karya Ibnu Rajab)

Mohon maaf lahir dan Batin batin

Lanjutkan membaca “Ucapan mohon maaf, momen Idul Fitri”

๐ŸŒฟ๐Ÿ€ RAMADHAN AKAN SEGERA PERGI ๐ŸŒฟ

โ–ชBerkata Ibnul Jauzy rahimahullah:

โ€ูˆูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุงุฌุชู‡ุงุฏ ููŠ ุฃูˆุงุฎุฑ ุงู„ุดู‡ุฑ ุฃูƒุซุฑ ู…ูู†ู’ ุฃูˆู„ู‡ ู„ุดูŠุฆูŠู†ุŒ ุฃุญุฏู‡ู…ุง ู„ุดุฑู ู‡ุฐุง ุงู„ุนุดุฑ ูˆุทู„ุจ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู‚ุฏุฑุŒ ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ ู„ูˆุฏุงุน ุดู‡ุฑู ู„ุง ูŠุฏุฑู‰ ู‡ู„ ูŠู„ู‚ู‰ ู…ุซู„ู‡ ุฃู… ู„ุง.

Dan seharusnya kesungguhan disepuluh malam terakhir itu lebih hebat dari awalnya karena dua perkara;

Pertama; karena kemuliaan sepuluh terakhir dan menuntut lailatul qadar didalamnya,
Kedua; karena perpisahan bulan, tidaklah dia tau apakah ia masih bisa berjumpa dengan yang semisalnya ataukah tidak.


Gak perlu menjadi orang yang serba bisa
Tekuni bidang yang kita bisa
Niscaya kita akan hebat di bidang itu.
#haramain #mediaIslami #motivasi
#mekkahmadinah
#kalamulama #hafidzquran
#sditmatahati
#komikmuslimah
#PKS
https://youtu.be/oaEdoPgNme0
https://youtu.be/lDWkMQE926s
https://dejusalju.blogspot.com/?m=1
https://mobileedukasikarakter.wordpress.com/
#jsitindonesia
#JSITKabupatenBandung #jsit_indonesia #pemudahijrah
#jsitjabar #parentingIndonesia
bit.ly/InstragramDeju_Salju
https://m.youtube.com/watch?v=ZuTocfyVTpI&feature=youtu.be
#musikpositif #Vidiomotivasi #lagusholawat #laguanakindonesia
#iqomic #komikindonesia #negeriakhirat #kajianislam #pksmudaย  #kartundakwah #kartunislamiย  #kartunmuslimahquote #kartunmuslimah #edukasi #melukis

Lailatul QadarOleh: Dr. Nawal al-Ied

Ringkasan ceramah Dr. Nawal al-Ied

Lailatul Qadar
Dinamakan demikian; karena saat itu ketentuan taqdir turun dari langit ke bumi. Dan dinamakan demikian karena nisbat kepada taqdir.

๐ŸŒฑIbadah pada malam itu menyamai 84 tahun.

Sebagai contoh;
Apabila anda mengucapkan, “Astghfirullah.” Seolah anda beristighfar semenjak anda lahir hingga usia 84 tahun.

๐ŸŒฑPada malam itu bumi menjadi sempit lantaran banyaknya jumlah malaikat. Pada malam itu malaikat turun yang jumlahnya melebihi bilangan kerikil, supaya dapat mengamini doa kita.

๐ŸŒฑTerdapat beberapa bentuk taqdir yang Allah Azza wa Jalla tetapkan untuk manusia;

  1. Taqdir Azali
  2. Taqdir tahunan
  3. Taqdir harian

Anda dapat mengubah ketetapan harian maupun tahunan dengan doa.
Sebagai contoh;
Apabila Allah telah tetapkan taqdir yang buruk bagi anda tahun depan (wafatnya anak, gagal menikah, dst)
Lalu anda mulai berdoa dengan penuh keikhlasan pada malam Lailatul Qadar, dengan memohon taufik, bahagia, dan keselamatan, dst.

Niscaya Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat untuk menghapus lembaran yang telah ditetapkan kesengsaraan dan mereka ganti dengan menuliskan kebahagiaan bagi anda.
“Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki. Dan milik-Nya lah lauh mahfudz.”

Pada malam Lailatul Qadar malaikat melewati hamba lalu menghiburnya, karena telah ditetapkan kematian baginya. Atau melewati seorang hamba lalu menyambutnya dengan diterimanya amal dan dibebaskannya dari neraka.

1 jam pada malam Lailatul Qadar menyamai 8 tahun, 1 menit menyamai 50 hari, maka di manakah orang-orang yang memperbanyak kebaikan?

Wahai akhawat, Rabb kita maha mulia lagi maha pengasih, Dia telah membuka pintu-pintu rahmat, langit, dan surga untuk kita. Dan Dia menyeru kita kepada-Nya, supaya kita memohon dan kembali kepada-Nya.

Janganlah kalian melewatkan kesempatan ini.

Lailatul Qadar adalah malam agung, janganlah kalian lewatkan lantaran sibuk dengan pasar, ambisi-ambisi, dan perkara-perkara melenakan yang lain.
Sebab Rasul ‘Alaihish shalatu was salam apabila telah memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, beliau mengencangkan sarungnya dan shalat semalam suntuk.

Kita tak tahu, ada kalanya ini adalah Ramadhan terakhir yang kita lewati.

Perbanyaklah zikir, sedekah, membaca Al Qur’an, Qiyamul lail, dan berdoa,
ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽูููˆู‘ูŒ ุชูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู‘ูŽุง
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pengampun, mencintai ampunan, maka ampunilah kami.”

Bagaimana wanita bisa bersedekah, sedang mayoritas mereka adalah ibu rumah tangga, dan mereka juga tidak memiliki gaji untuk digunakan.
Apabila kita mendengar keutamaan sedekah, kita merasa perih dan berandai.
Seraya berkata, “Bagaimana, sedang aku tak memiliki uang?”
Kendati demikian, kita segenap wanita diperintahkan untuk bersedekah. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Wahai segenap wanita, bersedekahlah, dan perbanyaklah istighfar, sebab aku melihat kalian sebagai mayoritas penghuni neraka.”
Dan itu menambah khawatir dan rasa takut pada diri kita? Dan solusinya?
Sebenarnya mudah, sesungguhnya karunia dan kemurahan Allah Ta’ala begitu luas dan tiada henti.
Sebab Dia menjadikan sedekah bukan hanya sebatas harta. Namun, setiap pintu kebaikan adalah sedekah.
Berikut contoh-contohnya;
Sedekah itu beraneka ragam;

Setiap tahlil dan takbir adalah sedekah

Setiap tasbih dan tahmid adalah sedekah

Amar ma’ruf nahi munkarmu adalah sedekah

Bukalah sms mu setiap hari, bersedekah dan kirimlah ucapan baik kepada setiap yang engkau kenal, dan setiap kalimat baik adalah sedekah.

Senyummu di wajah suami, anak-anakmu, dan kaum muslimat adalah sedekah.

2 rakaat dhuha menyamai 360 sedekah

Tahanlah dirimu untuk berbuat buruk, itu adalah sedekah

Singkirkanlah gangguan dari jalan

Ucapkanlah salam kepada siapa yang kau temui

Berilah makan pembantumu, sebagaimana kamu makan, dan itu adalah sedekah.

Berilah makan burung atau binatang, atau manusia, dan itu sedekah bagimu.

Muliakanlah tamu melebihi 3 hari, dan itu sedekah.

Berusahalah menolong dan membantu baik materi maupun non materi, dan itu sedekah bagimu.

Tuntutlah ilmu, ajarkan, dan sebarkanlah, itu sedekah bagimu. Baik dengan mendengar, membaca, atau menulis, sesuai kemampuanmu.

Seteguk air yang kau berikan untuk orang haus adalah sedekah.

Milik Allah lah segala puji dan karunia.

Kaidah penting: Ikhlas dan mengharap pahala.
Karib kerabat lebih utama untuk mendapat kebaikan kita (dua orang tuamu, suami, dan anak-anakmu). Mereka yang paling utama, lalu yang terdekat, kemudian terdekat.

Dan saya mengingatkan bahwa sedekah menghapus dosa, sebagaimana air mematikan api.
Sebarkanlah ilmu ini, supaya menjadi sedekah untukmu, dengan izin Allah.

Bersiaplah sejak sekarang, kuatkanlah tekad, dan sudahilah kesibukan, belanja, dan setiap apa yang menyibukkan dari malam-malam itu sejak sekarang juga. Jangan lewatkan kesempatan itu, dan itu adalah keburuntungan.

Yang memiliki grup-grup WA hendaknya dikirim, supaya pahala berlipat ganda insya Allah. Kesempatan emas.

Semoga Allah memberi kalian taufik untuk mengamalkan setiap apa yang dicintai dan
diridhai-Nya.

Diterjemahkan oleh:
Al Faqir ilaa ‘afwi Robbih
19 Ramadhan 1437 H

Life skill membuat celengan sedekah

Yuk Semangat Menggapai Lailatul Qadar

Alhamdulillah malam ini masuk malam ke-21 bulan Ramadan 1441. Mari hidupkan malam-malam di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan ini agar kita bisa mendapatkan malam lailatul qadar.

Lailatul qadar memiliki keutamaan yang banyak di antaranya malam ini lebih baik dari 1.000 bulan. Amalan di malam lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1.000 bulan.

Di antara amalan yang bisa dilakukan adalah:

  1. Membaca Al-Quran, bagi wanita haid bisa membaca tanpa menyentuh mushaf, boleh juga baca via handphone.
  2. Memperbanyak zikir (istighfar, tahmid, tahlil, tasbih, dan memperbanyak doa kebaikan.
  3. Mengerjakan salat sunnah.
  4. Bersedekah, zaman sekarang bisa via transfer ke lembaga-lembaga dakwah, pondok pesantren, atau kepada saudara yang membutuhkan misalnya.
  5. Memperbanyak doa:

ุงู„ู„ู‘ูŽู€ู‡ูู€ู…ู‘ูŽ ุฅู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽูููˆู‘ูŒ ุชูู€ุญูุจู‘ู ุงู„ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู‘ููŠ

Allahumma innaka โ€˜afuwwun tuhibbul โ€˜afwa faโ€™fuโ€™anni

(Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku)

Semoga Allah memudahkan kita untuk bisa mendapatkan malam lailatul qadar. Aamiin

Masjid Jami’ Al-Barkah | Yayasan Cahaya Sunnah

Renungan berharga

Empat hal yang merusak badan :
1) ๏บ๏ปŸ๏ปฌ๏ปข

  1. Duka
    2) ๏บ๏ปŸ๏บค๏บฐ๏ปฅ
  2. Sedih
    3) ๏บ๏ปŸ๏บ ๏ปฎ๏ป‰
  3. Lapar
    4) ๏บ๏ปŸ๏บด๏ปฌ๏บฎ
  4. Tidak Tidur Malam
    ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
    ๏ปญ ๏บƒ๏บญ๏บ‘๏ปŒ๏บ” ๏บ—๏บฐ๏ปณ๏บช ๏ป“๏ปฒ ๏ปฃ๏บŽ๏บ€ ๏บ๏ปŸ๏ปฎ๏บŸ๏ปช ๏ปญ๏บ‘๏ปฌ๏บ ๏บ˜๏ปช :

Lima hal yang menambah cerah wajah :
1) ๏บ๏ปŸ๏บ˜๏ป˜๏ปฎ๏ปฏ

  1. Taqwa
    2) ๏บ๏ปŸ๏ปฎ๏ป“๏บŽ๏บ€
  2. Jujur
    3) ๏บ๏ปŸ๏ปœ๏บฎ๏ปก .
  3. Pemurah
    4) ๏บ๏ปŸ๏ปค๏บฎ๏ปญ๏บ€๏บ“
  4. Jaga Kehormatan
  5. Pemaaf
    ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
    ๏ปญ ๏บƒ๏บญ๏บ‘๏ปŒ๏บ” ๏บ—๏บ ๏ป ๏บ ๏บ๏ปŸ๏บฎ๏บฏ๏ป• :

Empat hal yang menarik rezeki :
1) ๏ป—๏ปด๏บŽ๏ปก ๏บ๏ปŸ๏ป ๏ปด๏ปž

  1. Qiyamul Lail
    2) ๏ป›๏บœ๏บฎ๏บ“ ๏บ๏ปป๏บณ๏บ˜๏ป๏ป”๏บŽ๏บญ ๏บ‘๏บŽ๏ปท๏บณ๏บค๏บŽ๏บญ
  2. Banyak istighfar waktu 2/3 malam
    3) ๏บ—๏ปŒ๏บŽ๏ปซ๏บช ๏บ๏ปŸ๏บผ๏บช๏ป—๏บ”
  3. Biasa Bersedeqah
    4) ๏บ๏ปŸ๏บฌ๏ป›๏บฎ ๏บƒ๏ปญ๏ป ๏บ๏ปŸ๏ปจ๏ปฌ๏บŽ๏บญ ๏ปญ๏บ๏บง๏บฎ๏ปฉ
  4. Berdzikr waktu awal pagi dan petang
    ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
    ๏ปญุซู„ุงุซุฉ ๏บ—๏ปค๏ปจ๏ปŠ ๏บ๏ปŸ๏บฎ๏บฏ๏ป•

Tiga hal yang menjauhkan rezeki :
1) ๏ปง๏ปฎ๏ปก ๏บ๏ปŸ๏บผ๏บ’๏บข

  1. Tidur waktu pagi
    2) ๏ป—๏ป ๏บ” ๏บ๏ปŸ๏บผ๏ปผ๏บ“
  2. Sedikit sholat
    3) ๏บ๏ปŸ๏ปœ๏บด๏ปž
  3. Malas
    ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
    ๏ป›๏ป ๏ปค๏บŽ ๏ปซ๏ปค๏ปค๏บ– ๏บ‘๏ป”๏ปŒ๏ปž ๏ปฃ๏ปŒ๏บผ๏ปด๏บ” ๏บ—๏บฌ๏ป›๏บฎ ๏บ›๏ปผ๏บ™ ๏บ๏ปณ๏บŽ๏บ• :

Setiap kali ingin membuat maksiat ingat
tiga ayat :
1-” ๏บƒ๏ปŸ๏ปข ๏ปณ๏ปŒ๏ป ๏ปข ๏บ‘๏บ„๏ปฅ ๏บ๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏ปณ๏บฎ๏ปฏ “
“Tidakkah dia mengetahui bahwa Allah sedang melihat”

2-” ๏ปญ๏ปŸ๏ปค๏ปฆ ๏บง๏บŽ๏ป‘ ๏ปฃ๏ป˜๏บŽ๏ปก ๏บญ๏บ‘๏ปช ๏บŸ๏ปจ๏บ˜๏บŽ๏ปฅ “
“Siapa yang takut kepada kedudukan Tuhannya baginya dua syurga”

3-” ๏ปญ๏ปฃ๏ปฆ ๏ปณ๏บ˜๏ป– ๏บ๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏ปณ๏บ ๏ปŒ๏ปž ๏ปŸ๏ปช ๏ปฃ๏บจ๏บฎ๏บŸ๏บ‚ โ€œ
“Siapa yang bertaqwa kepada Allah. Dia jadikan baginya jalan penyelesaian”
ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
๏ปป ๏บ—๏บ’๏บจ๏ปž ๏บ‘๏ปฌ๏บฌ๏ปฉ ๏บ๏ปŸ๏ปœ๏ป ๏ปค๏บŽ๏บ• ๏ป‹๏ป ๏ปฐ ๏บ๏บป๏บค๏บŽ๏บ‘๏ปš ๏ปญ๏บ๏บฃ๏บ’๏บŽ๏บ‘๏ปš .. !!

Allah berfirman : “Kamu tidak tinggal (di dunia) melainkan sedikit masa saja, kalau kamu dahulu mengetahui hal ini (tentulah kamu bersiap sedia)”

Kuatkan berfikir utk akhirat.
Karena dunia ini akan kita tinggalkan.

Subhanallahโ€ฆ

Kuatkan berfikir dan bertindak untuk akhirat.
Karena dunia ini akan kita tinggalkan.
Usia kita sekarang kesempatan dari Allah untuk bekal menuju akhirat.

#haramain #motivasi
#mekkahmadinah
#kalamulama ๏Œน#hafidzquran
#sditmatahati
#deju_salju๏Œน๏น๏ˆ
#komikmuslimah
#yayasanhidayatuttauhid
#sditmatahatinagreg
#pks
https://youtu.be/9tWGCoueMyY
https://youtu.be/rRyuadmEd7U
https://youtu.be/Icdy344pfI0
https://dejusalju.blogspot.com/?m=1
https://mobileedukasikarakter.wordpress.com/
#jsitindonesia
#JSITKabupatenBandung
#jsit_indonesia #pemudahijrah
#jsitjabar #parenting
bit.ly/DejuSalju
https://m.youtube.com/watch?v=ZuTocfyVTpI&feature=youtu.be
#lagupositif #lagunasid #lagusholawat #laguanakindonesia
#iqomic #kartunislami #negeriakhirat #stayathome #ramadhan #kartun_Muslimah #kajianislam #pksmuda

Doa Puasa Hari ke-9 Ramadhan

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ููŠู’ ูููŠู’ู‡ู ู†ูŽุตููŠู’ุจู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ุงู„ู’ูˆูŽุงุณูุนูŽุฉู ูˆูŽ ุงู‡ู’ุฏูู†ููŠู’ ูููŠู’ู‡ู ู„ูุจูŽุฑูŽุงู‡ููŠู’ู†ููƒูŽ ุงู„ุณูŽู‘ุงุทูุนูŽุฉู ูˆูŽ ุฎูุฐู’ ุจูู†ูŽุงุตููŠูŽุชููŠู’ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุฑู’ุถูŽุงุชููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู…ูุนูŽุฉู ุจูู…ูŽุญูŽุจูŽู‘ุชููƒูŽ ูŠูŽุง ุฃูŽู…ูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุดู’ุชูŽุงู‚ููŠู’ู†ูŽ

Allรขhummaj’allรฎ fรฎhi nashรฎban min rahmatikal wรขsi’ah wahdinรฎ fรฎhi libarรขhรฎnikas sรขthi’ah wa khudz binรขshiyatรฎ ilรข mardhรขtikal jรขmi’ah bimahabbatika yรข amalal musytรขqรฎn

Artinya :
“Ya Allah! Anugerahilah untukku sebagian dari rahmat-MU yang luas, dan berikanlah aku petunjuk kepada ajaran- ajaran-MU yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada keridhaan-MU yang penuh dengan kecintaan-MU, Wahai harapan orang-orang yang merindu.”

โ˜˜๏ธ๐ŸŒผโ˜˜๏ธ๐ŸŒผโ˜˜๏ธ๐ŸŒผโ˜˜๏ธ๐ŸŒผโ˜˜๏ธ๐ŸŒผโ˜˜๏ธ๐ŸŒผ

Laki laki hebat itu

Seorang laki laki yang sejati, gagah, pemberani, kuat itu yaitu seorang laki laki yang tidak akan berani memukul perempuan, berkata kasar kepada perempuan, terutama kepada ibunya, anaknya, istrinya, saudara kandungnya, tidak berani menyakiti istri/ keluarganya di depan umum.
Tahu Umar bin Khattab?! beliau sangat tegas, bahkan syetan takut padanya, fisiknya kuat, tapi ketika dihadapkan dengan istrinya yang marah/kesal padanya (ada penyebabnya), ia duduk mendengarkan marah/kecewa istrinya, bahkan ia tidak Balik memarahi istrinya dan justru mendengarkan marah/kecewa istrinya sampai istrinya lega kembali. MasyaAllahโ€ฆ

Yuk akh Ikhwan/ laki laki, ayah, kita belajar berkeluarga dengan posisi yang tepat.

(โ—โ€ขแด—โ€ขโ—)โœง*ใ€‚
Umar bin Khattab dianugerahi Allah SWT dengan ketegasan sekaligus hati yang lembut. Kisah rumah tanggaUmar dapat menggambarkan betapa tinggi budi pekerti sang khalifah dalam menghormati istri.
Syahdan, diceritakan seorang laki-laki datang kepada Umar bin Khattab RA. Ia hendak mengadukan istrinya karena marah-marah kepadanya. Lelaki tersebut jengkel dan ingin mengadukan kelakuan istrinya kepada Amirul Mukminin.
Setiap kali datang ke rumah Amirul Mukminin, ia tidak pernah bertemu dengannya. Umar bin Khattab RA selalu telah pergi sebelum ia datang. Suatu ketika, laki-laki itu kemudian datang lagi ke rumah Umar bin Khattab RA. Sampai di depan rumah, ia tidak langsung mengetuk pintu. Umar justru berdiri di depan.
Lelaki itu pun tertegun sejenak. Secara tak sengaja, ia mendengar sang khalifah sedang dimarahi istrinya. Sang istri terdengar membesar-besarkan masalah yang remeh. Nada suara perempuan itu meninggi. Sang Amirul Mukminin cenderung pasif menghadapi kemarahan istrinya.
Lelaki itu kemudian berkata dalam hati, โ€œJika seorang Amirul Mukminin saja seperti itu, bagaimana denganku?โ€ Ia kemudian berbalik hendak pergi. Umar bin Khattab keluar rumah dan melihat tamunya hendak pergi. Ia pun bertanya, โ€œApa keperluanmu?โ€
Laki-laki itu kemudian berbalik dan berkata, โ€œWahai, Amirul Mukminin, aku datang untuk mengadukan perangai buruk istriku dan sikapnya kepadaku. Tapi, aku mendengar hal yang sama pada istrimu,โ€ kata lelaki itu.
Umar bin Khattab RA kemudian tersenyum. Dia pun mengisahkan kepada lelaki itu mengapa Umar yang keras begitu sabar menghadapi istrinya. โ€œWahai, saudaraku, aku tetap sabar menghadapi perbuatannya karena itu memang kewajibanku.โ€
Alih-alih menghardik istrinya, Umar malah menceritakan betapa besar jasa istrinya dalam kehidupannya di dunia. โ€œBagaimana aku bisa marah kepada istriku karena dialah yang mencuci bajuku, dialah yang memasak roti dan makananku, ia juga yang mengasuh anak-anakku, padahal semua itu bukanlah kewajibannya,โ€ jawabnya.
Umar bin Khattab RA kemudian menasihati lelaki itu untuk bersikap sabar kepada istrinya karena istrinyalah yang membuat dia tenteram di sampingnya. โ€œKarena istriku, aku merasa tenteram (untuk tidak berbuat dosa). Maka, aku harus mampu menahan diri terhadap perangainya.โ€
โ€œWahai, Amirul Mukminin, istriku juga demikian,โ€ kata lelaki itu. Amirul Mukminin pun menjawab, โ€œMaka, hendaknya engkau mampu menahan diri karena yakinlah hal tersebut hanya sebentar saja,โ€ kata Amirul Mukminin.

Rahasia Sujud Ketika Sholat

Gerakan Sujud pada sholat melibatkan 5 anggota badan yang bertumpu pada bumi, yaitu:

  1. dahi
  2. hidung
  3. kedua telapak tangan
  4. lutut
  5. kedua hujung kaki (jari).

Sujud adalah konsep merendahkan diri, memuji Allah SWT dan meminta
segala macam permintaan kepada Allah swt.
Sekaligus, mengikis sifat tercela seperti sombong, riyaโ€™, ujub, takabur dll.
Dr. Fidelma Oโ€™Leary, Phd Neuroscience dari St Edwardโ€™s University, telah menjadi muโ€™allaf, karena mendapati fakta tentang manfaat sujud bagi kesehatan.
Dalam kajiannya ditemukan bahwa ada beberapa urat syaraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah dan urat ini hanya dimasuki darah ketika manusia bersujud.
Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja.

Yaitu pada waktu-waktu solat yang telah ditetapkan (subuh, zuhur, asar,
maghrib dan Isyaโ€™).
SubhanAllahโ€ฆ
Jadi, siapa yang tidak solat maka urat ini tidak menerima darah sehingga
otaknya tidak berfungsi secara normal.

Salah satu indikasinya adalah timbul macam-macam gejala sosial di
masyarakat yg tidak solat saat ini.
Karena letak otak di atas jantung, maka kata Prof Hembing, jantung hanya mampu membekalkan 20% darah ke otak manusia, maka dibantu lagi dengan sujud yang lebih lama agar menambah kekuatan aliran darah ke otak.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Rasulullah saw, supaya kita sujud berlama-lama pada rakaโ€™at terakhir.
Manfaat sujud berlama-lama ini adalah untuk:

  1. Menolak pening
  2. Jauhi migrain
  3. Segarkan otak
  4. Tajamkan akal pikiran (peka)
  5. Legakan sistem pernafasan
  6. Betulkan pundi peranakan yang jatuh
  7. Betulkan dan kukuhkan kedudukan bayi dalam kandungan
  8. Elak kandungan songsang dll.

Dan yang menakjubkan, jika kita memperhatikan, bentuk saraf yang ada dalam otak kita berbentuk seperti orang yang sedang sujud.
SUBHANALLAHโ€ฆโ€ฆโ€ฆ.

Jika Anak Rebutan Mainan dengan Teman, Lakukan 7 Tindakan Ini

Anak-anak tentulah suka bermain, terutama bila bermain bersama teman-temannya. Namun tak jarang pula, saat bermain bersama teman, anak rebutan mainan.

Meski masih anak-anak, Moms tak bisa menganggap remeh hal ini karena akan berdampak kurang baik pada perkembangan karakternya.

Lalu apa yang harus Moms lakukan saat melihat anak rebutan mainan dengan temannya?

  1. Jangan Diam
    Bersikap sigap segera dan jangan sampai menunggu ada Bunda yang menangis. Beri penjelasan bahwa merebut barang yang bukan miliknya bukanlah hal yang baik.
  2. Minta Maaf
    Bila sampai terjadi temannya Si Kecil menangis karena kesalahan yang dibuat oleh anak Bunda, maka pastikan mereka untuk belajar meminta maaf ya, Bun.
  3. Biasakan Berbagi
    Mulai saja dari hal-hal kecil. Misalnya ketika ia sedang memakan sesuatu, Bunda bisa mencoba memintanya membagi sedikit apa yang ia makan kepada Bunda.
  4. Kompak dengan suami
    Saat menegur Si Kecil, jangan lupa untuk tetap bersikap kompak dengan suami. Jangan sampai salah satunya malah membela perbuatan Si Kecil
  5. Berikan Pujian
    Jangan hanya terpaku untuk menegurnya saja ketika ia berbuat kesalahan, ketika mereka sudah berani mengakui kesalahannya dan meminta maaf Bunda harus memberikannya pujian. Buatlah ia merasa diapresiasi sehingga akan senang melakukan hal-hal baik di waktu lain.
  6. Beri Contoh
    Bunda dan suami harus sering menunjukkan bagaimana caranya berbagi dan mengakui kesalahan. Si Kecil dengan sendirinya juga akan meniru apa yang Bunda dan suami lakukan, lho.
  7. Biasakan untuk berusaha
    Saat mereka menginginkan sesuatu, biasakanlah mereka untuk berusaha terlebih dahulu, jangan langsung memberi apa yang si kecil mau.

Dengan melakukan cara-cara di atas, anak akan menyadari bahwa barang yang bukan miliknya bukanlah perilaku yang baik. Jangan lupa untuk selalu memberikan contoh yang baik pada Si Kecil ya, Bun.

parenting #berebutmainan

Enje Idea

Perilaku Empati yang Diharapkan Si Kecil dari Anda

Orangtua sebaiknya bisa membaca isi hati si kecil yang belum pandai mengekspresikan diri melalui kata-kata.
Berempatilah dan pahami apa yang ingin disampaikan oleh anak melalui gerak-gerik atausinyal yang ditunjukkan oleh anak. Usaha orangtua untuk memahami isi hati anak, baik sekecil apapun itu, dapat mendorong harga diri buah hati Anda.

๐ŸŒŸ Percayai anak dan dampingilah saat ia melakukan sesuatu!
Misal saat mengenakan sepatu, biarkan si kecil memakai sepatunya sendiri katakan Bunda akan menunggunya sampai selesai memakai sepatu jangan memakaikan sepatunya karena Bunda ingin cepat

๐ŸŒŸ Berikan pujian, terhadap hal-hal yang berhasil dicapai anak, meskipun sepele!

๐ŸŒŸTidak perlu memperhatikan kekecewaan saat anak berbuat kesalahan!
Misal saat anak makan sendiri dan menumpahkan makanannya, puji si kecil karena sudah bisa makan sendiri jangan mengatakan “tumpahlagi, tumpah lagi” di depan anak

๐ŸŒŸ Perlihatkan antusiasme Anda terhadap permainan anak!

๐ŸŒŸTanggapilah anak dan kata-katanya seolah-olah ia yang paling berharga di dunia ini!

๐ŸŒŸ Berkata-katalah dengan mulut, mata, dan tubuh anda!
Misal saat anak menarik lengan Bunda sambil menunjuk bola katakan padanya “rupanya adek pengen main bola ya?” jangan malah membentaknya dengan berkata “Mau main bola? kasih tau Bunda dong!”

Meskipun si kecil belum terampil mengekspresikan diri, ia juga memiliki pendapat dan perasaan. Berdialog dengan empati, mulailah dari sekarang untuk meningkatkan harga diri anak!

Ada 15 Pesan yang akan ditinggalkan Covid-19 yang segera akan pergi ;

  1. Makanlah yang menyehatkan lagi Halal. Jauhi makanan dan minuman Haram. Bukankah awalnya virus muncul setelah binatang binatang, liar, buas dan kelelawar dibantai dengan kasar atau dibakar hidup hidup lalu dimakan?.
  2. Jangan lagi berpakaian minim lagi ketat mengumbar aurat. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita berpakaian serba tertutup?, dan memang kan semua agama Samawi memuliakan pakaian yang rapih, bersih dan sopan.
  3. Jaga ucapan, makanan, dan pendengaran. Bukankah masker Covid-19 telah mendidik kita menutup mulut, lidah, telinga dan hidung?
  4. Jangan lagi ada “pergaulan bebas” tanpa batas, selingkuh dan kumpul tanpa ikatan sah. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita untuk Sosial Distancing dan Physical Distancing, jaga jarak, bahkan bersalamanpun tidak bersentuhan?.
  5. Jangan lagi malas ke rumah rumah Ibadah, Masjid dll. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita, bagaimana sedih dan stress nya kita tanpa ada tempat memohon, berdoa, tak bisa beribadah berjamah dan shalat di Masjid dalam suasan batin yang damai. Bagaimana sedihnya melepas saudara kita yang meninggal tanpa dishalatkan beramai ramai di Masjid?.
  6. Jangan lagi pernah abaikan rumah, keluarga dengan terlalu sibuk di luar rumah. Bukankan Covid-19 telah mendidik kita untuk banyak tinggal di dalam rumah bersama keluarga ?
  7. Jangan lagi ada rasa angkuh, sombong, dan merasa besar serba bisa.
    Bukankah Virus Corona yang kecil dan tak tampak mata itu telah mendidik kita, bahwa tidak ada yang mampu mencegahnya jika Covid-19 ingin datang mampir?, dan Covid-19 tidak mengenal status sosial miskin atau kaya, tua atau muda pembesar atau rakyat biasa, semua dihinggapi jika abai.
  8. Jangan lagi jauh dari Allah SWT..Sang Maha Pencipta. Bukankan Covid-19 telah mendidik kita, dalam suasana Covid-19 aktif menyebar, semua orang ketakutan dan semua orang baru mendekat berdzikir dan berdoa, memohon perlindungan Allah SWT Sang Kholiq?.
  9. Jaga kebersihan dan ketertiban. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita agar selalu menjaga kebersihan badan, pakaian, barang dan lingkungan dengan rajin mandi, mencuci tangan, semprot antiseptik dan disinfektan, dan tidak sembarangan membuang sampah?
  10. Jangan lagi abai dan masa bodoh pada anugerah Allah yang melimpah tak terbatas, seperti sinar matahari, tumbuhan yang menyehatkan dll. Perbanyaklah bersyukur atas karunia gratis itu semua.
    Bukankah Covid-19 telah mendidik kita agar rajin berjemur n OR di pagi hari, rajin minum jahe, sereh, kunyit, lemon dll agar daya tahan tubuh kita lebih kuat? . Tanam dan peliharalah tumbuhan yang memberi manfaat kesehatan.
  11. Tingkatkan semangat kebersamaan, solidaritas, saling tolong. Jangan lagi semua dihitung berdasarkan kepentingan pribadi dan pamrih. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa kita tidak mampu mengurus diri sendiri seorang diri, kita butuh orang lain yang meski bukan saudara seperti dokter, dll. Kalau tidak ditolong orang, bisa mati mendadak di jalanan saat dihindari orang karena takut tertular.
  12. Berimanlah, beragamalah dengan baik. Percayalah yakinilah pada hal hal Ghaib yang tak tampak mata, seperti adanya Allah SWT, ada Malaikat, adanya Kitab2, adanya hari kiamat dan Qodo dan Qodar, Jangan lagi menantang Allah SWT dengan mengatakan, bagaimana percaya pada Allah SWT sedang kita tidak bisa melihat Allah SWT.
    Bukankah Covid-19 mendidik kita bahwa meski Virus Corona tidak tampak. tapi ada, buktinya, banyak yang terpapar oleh Covid-19 dan meninggal.
  13. Selalu mempersiapkan diri untuk kehidupan Akhirat dengan perbanyak kebaikan, meningkatk kualitas n kuantitas ibadah dan amal sholeh. Hidup di Dunia ini hanya sementara saja, sewaktu waktu bisa mati.
    Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa kematian bisa datang menjemput secara tiba tiba dan di mana saja.
  14. Daya tahan tubuh akan kuat jika selalu berbaik sangka, sabar, syukur, ikhlas dan jujur.
    Daya tahan tubuh akan melemah saat pikiran dikuasai dengki, fitnah, iri, hasut, ujaran kebencian dan cacian, seks bebas, seks sesama jenis, dan Narkoba.
    Maka perkuatlah ketahanan tubuh dengan selalu berbaik sangka, husnudzon, ikhlas dan tawalkal. Jangan lagi ada iri, caci, dengki, ujar kebencian, fitnah dan kekerasan, Narkoba dan penyimpangan seksual.
    Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa Virus Corona mudah menyerang mereka yang daya tahan tubuhnya lemah?.
  15. Perkuat Silaturrahim. Jaga harmoni sesama makhluk. Jangan lagi merusak alam. Jangan ekspoilitasi kekayaan bumi secara berlebihan. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa, adanya keseimbangan dan pengurangan polusi industri, asap mesin, keseimbangan semburan kimia beberapa minggu ini, telah membuat udara, awan dan alam ini lebih cerah dan bersih?

Sungguh pelajaran yang luar biasa dari Virus Corona.
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari semua musibah dan penyakit. Dan wabah Covid-19 cepat berlalu. Aamin YRA

Seorang anak harus dilatih untuk mengendalikan emosi negatif ke emosi positif.

Bagaimana caranya?
1.Buat time out ketika marah.
2.Beri penjelasan bagaimana mengendalikan emosinya.
3.Contohkan bagaimana anak mengubah emosi negatif menjadi emosi positif.
4.Minta anak melakukanya.
5.Buat program latihan minimal 1 tahun.

Kita bahas satu persatu.

โ€ขBuat time out ketika marah.
Time out adalah suatu kondisi yang kita buat untuk meredakan emosi.

Baik emosi anak maupun emosi kita sendiri. Meredakan emosi ini bisa kita lakukan dengan beberapa cara.

  1. Bisa dibuat sudut diam.
    Tempat dimana anak bisa kita ajak ke tampat itu ketika emosi kemudian duduk untuk menenangkan diri sampai reda emosinya.

Atau kita ambil suatu ruangan. Ketika anak emosi bisa kita tenangkan disitu. Sampai emosi reda.

Atau buat black box. Kotak hitam kalau emosi kita pura-pura buang emosi kita ke back tersebut.

Sampai emosi reda.

2.Berikan penjelasan bagaimana meredakan emosi.
Setelah anak reda emosinya maka jelaskan kalau tidak harus marah-marah ketika meminta sesuatu.

Bisa bilang baik-baik. Tanpa marah, teriak, memukul atau yang lainya.

Cukup bilang,
Bunda aku ingin dibelikan Es Krim. Kemudian tunggu sampai bunda membelikan. Tanpa harus marah-marah.

Atau kalau tiba-tiba dipukul teman, tidak perlu marah. Katakan baik-baik. Kenapa pukul aku? Kan sakit. Ayo maaf-maafan.

3.Contohkan bagaimana anak mengubah emosi negatif menjadi emosi positif.

Ketika anak sudah reda emosinya. Minta anak mengungkapkan apa yang dia rasakan dengan kata-kata.

Misalnya
Aku marah karena tadi tidak dibelikan Es Krim oleh bunda.

Segera arahkan harusya tidak usah marah. Bilang baik-baik.

Coba bilang
Bunda aku minta dibelikan Es Krim.

Nah, bisa kan?

Saat anak reda emosinya dan mengungkapkan keinginanya dengan baik, saat itulah anak belajar merubah emosi negatif menjadi emosi positif.

4.Minta anak melakukanya.
Setelah dicontohkan oleh bundanya bagaimana mengubah emosi negatif ke emosi positif maka minta anak melakukanya.

Mencontoh mengungkapkan emosi yang dirasakan dengan kata-kata yang baik. Mengatakan bagaimana anak meminta sesuatu dengan baik. Ini juga bagian mengubah emosi negatif ke emosi positif.

5.Buat program latihan minimal 1 tahun.
Karena mengubah kebiasaan itu berarti menghapus kebiasaan buruk dan menanam kebiasaan baru.

Maka perlu waktu untuk membentuk kebiasaan. Sehingga minimal 1 tahun. Membentuk kebiasaan baru.

Sehingga membuat program melatih emosi 1 tahun dan melatih berulang-ulang akan memudahkan anak mempunyai kebiasaan baru.

Dibalik peraturan sekolah ada adab dan etika memuliakan guru

Banyak yang gak sadar,
Bukan rambut yang gondrong yang mengganggu kecerdasan.
Tapi pelanggaran nya lah yang mengganggu kecerdasan

Banyak yang gak sadar,
Bukan sepatu hitam lah yang meningkatkan kecerdasaan.
Tapi taat sama guru lah yang bisa meningkatkan kecerdasaan.

Dalam islam, ilmu itu hanya 2 fungsi.
Agar kita semakin taat (Adz Dzariyat 56)
Dan agar kita semakin bermanfaat. (Al-Baqarah 30)

Allah berfirman dalam surat Fathir ayat 28:
“Hanya orang-orang yang berilmu lah yang takut kepada Allah”

Kalau ada yang hafal Seluruh bacaan buku tapi gak taat sama guru, mending lihat google aja, udah tersedia kok, tinggal nanya, semua jawaban ada.
Orang yang cuman hafal mah kalah sama google

Jadi kalau meningkatkan kecerdasan itu hanya terlihat dari raport.
Ya mau rambut gondrong, mau celana cut bray, gak ngaruh ke raport kok.

Lagipula kalau cuman pinter, gak usah sekolah, lihat aja di youtube, belajar otodidak, biar gak usah ada aturan sekolah.

Sekolah itu bukan cuman buat pinter, tapi agar siswa semakin taat dan bermanfaat.

Kalau kita sudah sekolah, ikuti aturan yang ada.
Jangan mengeluhkan aturan dan membenturkan dengan logika.

Kalau mau dipikir, semua aturan itu bisa dibenturin kok pakai logika, setan udah punya 1001 cara agar kita bisa melanggar aturan dengan logika.

Tapi sekolah itu bukan hanya nyari ilmu, tapi adab sama guru, adab sama teman, ada sama sekolah itu sendiri, bahkan adab sama ilmu perlu dipelajari.

Karena itu tujuan pendidikan di sekolah bukan hanya cerdas, yang penting agar kita beriman, berakhlak mulia, dan bermanfaat

Simak baik-baik tujuan Pendidikan (Kemdiknas):

“Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3,

tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar: menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia,
sehat,
berilmu,
cakap,
kreatif,
mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis
Serta bertanggung jawab”

Semoga kita semakin menjadi manusia yang berakhlak mulia, maju, cerdas, dan terampil. Knp harus ada pendisiplinan rambut, baju anak dll Krn anak kita juga belajar adab berpenampilan di sekolah dll.

Lowongan kerja sdit matahati 2020

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡

_Bissmillahirrahmanirrahim…._

Mohon bantuan rekan-rekan sekalian…

*SDIT MATAHATI-NAGREG MEMBUTUHKAN TENAGA PENGAJAR*

SDIT MATAHATI
membuka lowongan tenaga pendidik untuk beberapa posisi guru sebagai berikut:

1. Guru Kelas (GK)
2. Guru Pembimbing Harian Kelas (GPHK)
3. Guru Tahsin dan Tahfidz Al-Quran (GTTQ)
4. Guru PJOK (GPJOK)
5. Guru B. Inggris (GBI)

*Persyaratan administrasi:*

1. Lamaran Mengajar
2. CV (Curriculum Vitae)
3. Fc Ijazah S1 (diutamakan)
4. Fc Akta 4
5. Fc Daftar Hasil Studi
6. Fc KTP
7. Pas Foto ukuran 3 X 4 : 2 Lembar

*Syarat Umum:*

1. Mencintai anak – anak
2. Mau terus belajar
3. Menyukai dunia pendidikan
4. Berkomitmen
5. Ikhwan (tidak merokok)
6. Akhwat (menutup aurat ; syar’i dan rapih)
7. Siap tilawah Al-Qur’an 1 juz 1 hari
8. Siap mengikuti kegiatan pengembangan diri

*Syarat Khusus:*

1. Mampu membaca Tulis Al Qur’an

2. *Guru kelas* : S1 PGSD
3. *Guru harian* : SMA / sederajat
4. *Guru B.Inggris* : S1 B.Inggris
5. *Guru Al- Qur’an* :

a. Hafal 1 – 2 Juz (Hafal 5 – 30 Juz diutamakan)
b. Lancar dan bertajwid dalam membaca Al-Qur’an

Segera kirimkan berkas lamaran ke kantor SDIT Matahati

Jl Raya Nagreg Km. 36 05/15 Taman Mekar Citaman Nagrรฉg Kabupaten Bandung (Belakang Masjid Besar Nagreg)

email:
tauhid.hati@gmail.com

Ucapan yang melukai

ุฅู†ูŠ ุงุฎุงู ุงู„ู„ู‡๐Ÿ™
Yang perlu kita pahamkan dalam hati agar kita mudah memaafkan bahwa setiap ucapan yang dituju kekita dari siapa pun yang melukai hati kita, itu sudah dicatat oleh Allah dan takdir dari Allah, kita resapi apa yang tidak enak datang kepada kita itu proses pendewasaan dan ladang pahala jika belajar menerima dengan ikhlas, yang menuruk kita baik belum tentu menurut Allah baik.
Hamasah
Ringan Menerima TakdirSaudaraku, ada perumpamaan lama. Misalkan, kita sedang berada di dalam sebuah ruangan gelap. Kemudian, tiba-tiba ada seseorang memukul dengan gulungan koran. Kira-kira apakah kita akan marah?Secara manusiawi tentunya akan marah. Tetapi, apakah kita tetap emosi ketika lampu dinyalakan dan ternyata yang memukul itu adalah mertua? Dia yang sudah merestui kita menikahi anaknya, ditambah bonus apartemen megah, dua mobil mewah, serta deposito lima milyar. Rasanya kecil kemungkinan orang akan marah.Maksudnya, terhadap orang yang berbuat baik kita jarang kecewa, walaupun kadang keinginan orang tersebut tidak sesuai dengan harapan kita. Gulungan koran tidak ada apa-apanya dibanding tumpukan uang milyaran. Itu terasa ringan dibandingkan apartemen, mobil, dan terutama restu untuk menikahi putrinya.Nah, itu kepada sesama makhluk. Kalau terhadap makhluk kita bisa begitu, seharusnya kita bisa lebih mampu menerima setiap takdir dari Allah. Dia yang telah menciptakan dan memberi rezeki yang tidak ternilai kepada kita sampai saat ini.”Tidak ada satupun musibah yang menimpa di bumi ini maupun pada dirimu, kecuali sudah tertulis di dalam kitab sebelum Kami mewujudkannya. Dan yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kalian tidak terlalu berduka-cita dengan apa yang Iuputdarimu, dan tidak berbangga. bangga diri dengan apa yang Allah berikan padamu Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membangga-banggakan diri.”
(QS. AI-Hadid [57]:22-23).Jadi, beratnya cobaan hidup, perih dan getirnya batin ini menghadapi takdir, dikarenakan kita belum yakin bahwa yang menimpakan takdir ini adalah Zat Yang Mahabaik. Dia yang selama ini selalu berbuat baik. Ketika mendapatkan ujian dan tidak menganggap ujian ini datang dengan izin dari-Nya Allah, kita pasti merasa berat.Orang-orang yang sering kecewa dalam menjalani hidup adalah orang-orang yang sok tahu dan lebih condong kepada nafsu. Coba lihat para sahabat Nabi SAW. Mereka sudah tidak peduli, apakah hidupnya senang atau susah, dipuji atau dicaci, sehat atau sakit. Mereka sangat paham bahwa di dalam keduanya terdapat kebaikan. โ€Boleh jadi engkau tidak menyukai sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.โ€
(QS. Al-Baqarah [2]:216).Jadi. apabila pernikahan kita tiba-tiba batal, yakinlah bahwa itu bukan sebuah keburukan sehingga tidak usah kecewa berkepanjangan. Kalau memang bukan jodoh, pernikahan pasti tidak akan berlangsung. Boleh jadi, Allah Ta’ala ingin mengganti dengan yang lebih baik. Jalani saja. Jika surat undangan sudah terlanjur disebar, maka tinggal membagikan surat tidak jadi diundang.Ingin kuliah tidak lulus ujian atau ingin mengabdi di pemerintahan tetapi tidak lolos tes CPNS, bukanlah akhir kehidupan.Yang penting niat mengikutinya benar dan itu sudah menjadi amal saleh. Siapa tahu Allah mempunyai rencana lain untuk kita. Begitu juga bagi yang sakit dan telah berobat ke mana-mana tetapi belum sembuh, ikhtiarnya sudah menjadi amal.Seharusnya terasa ringan bala yang menimpa kepadamu karena engkau mengetahui bahwa Allah yang menguji kamu. Maka Allah yang menimpakan kepadamu takdir-Nya itu, Dia pula yang telah biasa memberikan kepadamu sebaik-baik apa yang dipilihkan untukmu. Dialah yang membiasakan engkau merasakan sebaik-baik pilihanNya atau pun pemberiannya.(AI-Hikam, No.115).Apa pun yang sudah terjadi itulah namanya takdir, Tinggal bagaimana kita menerima setiap episode kehidupan, yaitu dengan sabar dan ridha terhadap Suatu takdir akan terasa ringan ketika kita yakin bahwa dia datang atas izin dan dari Allah Yang Maha Tahu segala sesuatu, Yang Maha Baik, dan yang selama ini pun selalu berbuat baik. Dengan hati yang ridha, tetap bersemangat untuk melanjutkan perjalanan ke episode takdir yang lain.โ€œBolehjadi engkau tidak menyukai sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan bolehjadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.โ€
(QS. al-Baqarah [2]:216)

๐Ÿ’๐Ÿ“ก *”BERBAIK SANGKA”*

Seorang anak kecil memegang dua buah apel ๐ŸŽ๐ŸŽ di kedua tangannya.Ibunya datang mendekat, sambil tersenyum kemudian bertanya *Sayang.., boleh Mama minta ๐ŸŽ satu?*Si anak memandang ibunya beberapa detik, kemudian dengan cepat menggigit kedua apelnya ๐ŸŽ๐ŸŽ, bergantian …Si ibu *berusaha menyembunyikan kekecewaannya, senyumnya terlanjur luntur dari wajah nya… ๐Ÿ˜•*Sampai kemudian si anak menyodorkan salah satu apel ๐ŸŽ yang telah digigitnya tadi kepada ibunya.Dengan sukacita dan senyum ceria ๐Ÿ˜ƒ si anak berkata : *”Ini untuk Ibu, karna yang ini LEBIH MANIS”*Hening..
*ternyata anak ingin memberikan yang terbaik buat ibunya… makanya si anak memastikannya*Tidak ada kata-kata yang terucap dari bibir ibunya, kecuali senyum dan bola matanya yang berkaca-kaca…. tak terasa mengalir air matanya ๐Ÿ˜ญ*”JANGANLAH KITA CEPAT BERBURUK SANGKA”*Siapapun Anda,
seberapapun pengalaman & pengetahuan Anda,
*jangan tergesa-gesa menilai seseorang, siapapun dia Sabarlah… tunggu responnya….. pahami maksud nya**Janganlah buru buru menghakimi, supaya kamupun tidak akan dihakimi….**Berilah kesempatan kepada setiap orang untuk memberikan penjelasan … dengฮฑn caranya sendiri**Tetaplah menjadi orang yang sabar & bijaksana menilai diri orang lain….**SERINGKALI …… kita kurang paham dengan maksud orang ………. karena …….Kita melihat dengan kacamata kita**Tetapi**Jika kita belajar mau sabar, tenang dan coba memahami dengan kacamata mereka, pasti semua Indah*Mari belajar *Berbaik Sangka* pada sesama saudara teman-teman dan siapa saja yang kita temui.

SAUDI VS INDONESIA* (Perbedaan hanya di saat adzan dikumandangkan, namun pengaruhnya sangat luar biasa)

Secara akal, dari segi wilayah, *Indonesia sepuluh kali lipat lebih luas dari Saudi*Dari segi kekayaan alam, *Indonesia punya apel, asem, belimbing wuluh, cermai, dukuh, enau, flamboyan, gandaria, honje, kecapi, labu, mangga, nanas, okra, pisang, quince, rambai, sirsak, terong ungu, vanilla, wuni, pepaya, pala, alpukat, jambu, jeruk, bangkuang, semangka, nangka, duren,rambutan,Kesemek,klengkeng dan ribuan buah lainnya*Saudi, *hanya punya buah kurma*Indonesia, sepanjang mata memandang *ijo royoroyo, menghampar pohon yang rindang, kayu yang kuat, dan sayur mayurnya*Saudi, sepanjang mata memandang *kering kerontang, gersang, berdebu berbatu-batu*Indonesia, di bawah bumi *ada minyak bumi, gas, batubara, nikel, perak, tembaga, alumunium, timah, besi, emas dan intan*Saudi, *hanya punya minyak bumi*Indonesia, *di atas bumi ada minyak kelapa, minyak sawit, minyak jagung, dan minyak kedelai, minyak orang-aring, minyak jelantah apalagi.*Saudi, *hanya punya minyak zaitun Bro….*Indonesia, *sepanjang tahun cuaca segar*Saudi, *musim panas membakar kulit, musim dingin meremukkan tulang*Indonesia punya *ayam, bebek, burung, puyuh, merak, kijang, kambing, sapi, kerbau, gurame, lele, ikan mas, belut, dan mujair*Saudi, *hanya punya kambing, sapi dan unta*Indonesia, *punya 17ribu pulau*Saudi, *gak punya satu pulau pun*Indonesia, *dikelilingi lautan penuh ikan, kerang, kepiting, rumput laut dan mutiara*Saudi, *hanya secuil sambungan dari Laut Merah*Kenapa Saudi yang *penduduknya sedikit kaya raya?*
Kenapa Saudi yang *wilayahnya kecil kaya raya?*
Kenapa Saudi yang *hanya punya pohon kurma kaya raya?*
_*Jawabnya adalah ketika adzan berkumandang*…_
_Lihatlah…_
_*Di mana petani Indonesia ketika adzan berkumandang*_ _dan dimana *petani Saudi* ketika adzan berkumandang_
_*Di mana pedagang Indonesia ketika adzan berkumandang*_ _dan dimana *pedagang Saudi* ketika adzan berkumandang_
_*Di mana pejabat Indonesia ketika adzan berkumandang*_ _dan dimana *pejabat Saudi* ketika adzan berkumandang__*Seharusnya Indonesia lebih makmur dari Saudi, secara akal fikiran.*__Tapi karena Indonesia,_ _*tidak ada keberkahan maka walaupun gemah ripah, alamnya kaya raya, ijo royoroyo penduduknya miskin dan berhutang….*__Saudi, *walaupun negerinya kering kerontang dan gersang tapi penduduknya kaya raya dan bisa memberi hutang…..*_
_Dan *Indonesia makin tepuruk dan nyaris terkutuk* lantaran _*meninggalkan shalat tepat waktu dan berjamaah*_
_*Hayo bangkit saudaraku*…__*Back to masjid*_
_Lihat Saudi…_
_*Masjidnya* makmur…._
_*Rakyatnya* makmur…._
_*Apa engkau* tidak melihat ???…._
_*Turki mulai bangkit dan makmur* karena warganya kini _*shalat berjamaah di mesjid*_*Alloh SWT berfirman
๏ปญูŽ๏บƒู’๏ปฃู๏บฎู’ ๏บูŽ๏ปซู’๏ป ูŽ๏ปšูŽ ๏บ‘ู๏บŽ๏ปŸ๏บผู‘ูŽ๏ป ูฐ๏ปฎ๏บ“ู ๏ปญูŽ๏บ๏บปู’๏ป„ูŽ๏บ’ู๏บฎู’ ๏ป‹ูŽ๏ป ูŽ๏ปดู’๏ปฌูŽ๏บŽ ุ• ๏ปŸูŽ๏บŽ ๏ปงูŽ๏บดู’๏บŒูŽ๏ป ู๏ปšูŽ ๏บญู๏บฏู’๏ป—ู‹๏บŽ ุ• ๏ปงูŽ๏บคู’๏ปฆู ๏ปงูŽ๏บฎู’๏บฏู๏ป—ู๏ปšูŽ ุ• ๏ปญูŽ๏บ๏ปŸู’๏ปŒูŽ๏บŽ๏ป—ู๏บ’ูŽ๏บ”ู ๏ปŸู๏ป ๏บ˜ู‘ูŽ๏ป˜ู’๏ปฎูฐ๏ปฏ
_*”Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat (tepat waktu) dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya (berjamaah di mesjid). Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan akibat (shalat seperti) itu adalah kebaikan (karunia, rezeki, keberkahan, ampunan, dan pahala) bagi orang yang bertakwa”.*_ *(QS. Thaahaa : 132)**Ayo mulai saat ini* kita niatkan bersama-sama ajak saudara laki-laki muslim kita untuk _*jaga Shalat 5 waktu tepat waktunya dan berjamaah di Masjid*_
Bila anda Muslim, *Share* Agar Indonesia menjadi negara yang *kaya raya* disebabkan dari Ketaqwaan Rakyatnya
_*Aamiin Yaa Rabbal’Aalamiin*_

Bahasa Arab sehari hari

1.Syukron = Terima kasih.
2.Wa iyyak = Sama-sama
3.Tafadhdhol = silahkan (untuk umum)
4.Tafadhdholiy = silahkan (untuk perempuan)
5.Ukhti = Saudari perempuan
6.Akhi = Saudara laki-laki
7.Akhwat = Perempuan
8.Ikhwan = Laki laki.
9.Afwan = Maaf
10.Na’am = Iya
11.Laa adri = Tidak tau
12.Ana = Aku
13.Anti = Kamu (perempuan)
14.Anta = Kamu (laki-laki)
15.Illa = Kecuali
16.antum = kalian (laki2)
17.antunna = kalian (prempuan)
18.huwa = dia (laki2)
19.hiya = dia (prempuan)
20.Mumtaaz = Hebat,bagus banget (Untuk pujian)
21.Yakfi = Cukup
22.Shahih = Benar
23.Jazakumullah khairan = semoga ALLAH memmbalas kalian dengan lebih baik
24.Jazaakallahu khairan = semoga ALLAH membalasmu (laki2) dengan lebih baik
25.Jazaakillahu khairan = semoga ALLAH memmbalasmu (perempuan) dengan lebih baik
26.Wa iyyaka = Semoga engkau juga dibalas dengan kebaikan ( Untuk laki2)
27.Wa iyyaki = Semoga engkau juga dibalas dengan kebaikan (Untuk perempuan)
28.Baarakallah = Semoga Allah memberkahi
29.Barakallah fikum= Semoga Allah memberkahi kalian.
30.Baarakallahu laka = Semoga Allah memberkahimu (Untuk laki2)
31.Baarakallahu laki = Semoga Allah memberkahimu (Untuk perempuan)
32.Rahimakumullah = Semoga Allah merahmati kalian.
33.Hafizhanallah = Semoga Allah menjaga kita.
34.Hafizhakumullah = Semoga Allah menjaga kalian.
35.Shadaqta = Engkau benar (Untuk laki2)
36.Shadaqti = Engkau benar (Untuk perempuan)
37.Syafakallah = Semoga Allah menyembuhkanmu (Untuk Laki2)
38.Syafakillah = Semoga Allah menyembuhkanmu (Untuk perempuan)
39.Hadaanallah = Semoga Allah memberi kita petunjuk/Hidayah.
40.Allahu Yahdik = Semoga Allah memberimu petunjuk/ Hidayah

Jalan Panjang Anak Kita

Oleh: Mohammad Fauzil AdhimApakah yang kita harapkan dari anak-anak kita? Apakah yang ingin kita petik dari upaya kita mendidik anak-anak? Umur belum tentu panjang. Begitu pula umur anak-anak kita. Tetapi yang pasti, kita semua akan mati dan menuju kehidupan abadi sesudah langit digulung dan bumi dilipat. Jika kita salah niat dalam mendidik anak, maka letih lelah kita mengasuh kita hanya menjadi kepayahan yang tidak membawa kebaikan sama sekali di akhirat. Apalagi jika niat salah, berpayah-payah pun enggan bersebab lebih menyukai jalan pintas yang instant.Apakah yang kita rindui dari anak-anak kita? Penat berpeluh kita merawat dan mengasuh mereka, akan sia-sia tak berguna jika salah niat kita mendidik mereka, salah pula langkah kita dalam menjalankannya. Maka memperbaiki niat dan terus-menerus saling mengingatkan antara suami dan isteri, sangat penting untuk menjaga arah. Juga, agar tidak mudah rontok tatkala menghadapi kesulitan dalam proses mendidik anak. Kita perlu ingat, setiap perjuangan memang memerlukan kesediaan untuk berpayah-payah. Bahkan kita kadang harus sakit. Tapi jika kita punya cita-cita kuat, maka sungguh sakit yang mendera badan itu akan lebih ringan kita rasakan di hati.Ingatlah tidak ada kedewasaan yang bersifat instan. Tidak pula ada keshalihan yang instan. Itu pun, proses menuju ke sana tidak instan. Maka, mengapakah kita menginginkan perubahan yang terjadi dalam sekejap dalam mendidik anak-anak kita, padahal kita mengharapkan manfaatnya untuk masa yang sangat panjang?Mari sejenak kita bertanya pada diri sendiri, atas berbagai hal yang kita lakukan terhadap anak, termasuk les yang kita berikan kepada anak-anak kita, sebenarnya untuk kepentingan mereka atau demi memuaskan keinginan kita?Jadi, yang pertama perlu kita benahi dan senantiasa kita perbaiki adalah niat kita mendidik anak. Tak putus-putus kita berupaya menata niat kita, meluruskannya agar tidak salah arah. Kita kuatkan niat beriring dengan menjaga khasy-yah, yakni rasa takut kita kalau-kalau meninggalkan generasi yang lemah dibelakang kita sebagaimana Allah Taโ€™ala telah serukan di dalam Al-Qurโ€™an surat An-Nisaaโ€™ ayat 9:ูˆูŽู„ู’ูŠูŽุฎู’ุดูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู„ูŽูˆู’ ุชูŽุฑูŽูƒููˆุง ู…ูู†ู’ ุฎูŽู„ู’ููู‡ูู…ู’ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุฉู‹ ุถูุนูŽุงูู‹ุง ุฎูŽุงูููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ููŽู„ู’ูŠูŽุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู„ู’ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู„ู‹ุง ุณูŽุฏููŠุฏู‹ุงโ€œDan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka merasa takut terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.โ€ (QS. An-Nisaaโ€™ [4]: 9).Ini berarti, rasa takut yang menjadikan kita senantiasa berhati-hati merupakan bekal penting mendidik anak, lebih penting daripada pengetahuan kita tentang teknik berkomunikasi maupun cara mengajari anak membaca. Bukan saya menyepelekan manfaat mengajari anak membaca. Saya bahkan menulis buku berjudul Membuat Anak Gila Membaca. Tetapi sebelum itu semua, yang harus kita miliki adalah rasa takut; rasa khawatir tentang masa depan anak sepeninggal kita yang membuat kita selalu berbenah dan menambah bekal mendidik.Nah.Bakda niat yang terus perlu kita perbaiki dengan saling mengingatkan antara suami dan isteri, hal berikutnya yang perlu kita pegangi adalah ikhlas dalam mendidik. Ikhlas sebenarnya merupakan bagian dari niat.Apakah ikhlas itu? Melakukan amal dan ibadah semata-mata untuk meraih ridha Allah Taโ€™ala. Meskipun merasa berat dengan kebaikan yang patut kita lakukan, tetapi jika kita tetap mengerjakannya demi untuk meraih ridha Allah โ€˜Azza wa Jalla, maka sesungguhnya itulah ikhlas.Tetapiโ€ฆKeinginan saja tidak cukup. Kita dapat mengatakan bahwa jerih-payah kita mendidik anak hanyalah untuk meraih ridha Allah subhanahu wa taโ€™ala. Tetapi apakah cara yang kita tempuh dalam mendidik anak? Adakah cara kita merupakan cara yang Allah Taโ€™ala ridhai; cara yang Allah Taโ€™ala sukai? Adakah cara itu bersesuaian dengan tuntunan Rasulullah shallaLlahu โ€˜alaihi wa sallam ataukah justru menyelisihinya? Inilah yang perlu kita telisik pada diri kita. Bagaimana kita akan mencari ridha Allah โ€˜Azza wa Jalla jika cara kita mendidik anak justru menyelisihi sunnah? Apalagi jika sampai nyata-nyata bertentangan dengan Al-Qurโ€™an dan As-Sunnah Ash-Shahihah.Ini berarti kita perlu berusaha untuk mengilmui tuntunan mendidik anak. Kita perlu berusaha membekali diri dengan ilmu sebelum Allah Taโ€™ala karuniai keturunan kepada kita. Bukan tidak boleh belajar psikologi maupun pengetahuan parenting lainnya, tetapi terlebih dahulu membekali diri dengan pemahaman terhadap tuntunan agama dan mengokohkan iltizam (komitmen) terhadapnya. Dan sekiranya kita belum membekali diri dengan tuntunan agama, maka sekarang inilah saatnya memperbaiki bekal ilmu kita.Ini semua perlu kita lakukan agar langkah kita mendidik anak sejalan dengan niat. Sekali lagi, bagaimana kita akan mengatakan bahwa kita benar-benar ikhlas mendidik anak; benar-benar mencari ridha Allah Taโ€™ala sedangkan cara yang kita tempuh justru menyelisihi agama?
.
.
Jangan Keburu Berbangga DiriKita perlu terus membekali diri dengan ilmu sebelum mendidik seraya berusaha memperbaiki keadaan jiwa kita. Kitalah yang akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah Taโ€™ala atas pendidikan anak-anak kita. Karena itu, kitalah yang harus menyibukkan diri dengan mencari ilmu. Berbekal ilmu, kita akan lebih mudah mengasuh dan mendidik anak-anak kita.Akan tetapi, setiap keberhasilan dalam mendidik yang kita patut bersyukur dengannya, janganlah menggelincirkan kita ke dalam โ€˜ujub (berbangga diri). Sebanyak apa pun ilmu yang telah kita kuasai, sungguh hanya Allah Taโ€™ala Yang Menggenggam Jiwa Manusia. Kepada-Nya kita meminta dan memohon pertolongan, termasuk untuk kebaikan anak-anak kita. Ingatlah, sesungguhnya โ€˜ujub termasuk satu dari tiga perkara yang membinasakan.Rasulullah shallaLlahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:
.
ุซูŽู„ุงูŽุซูŒ ู…ูู‡ู’ู„ููƒูŽุงุชูŒ: ุดูุญู‘ูŒ ู…ูุทูŽุงุนูŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽูŠูŽ ู…ูุชูŽุจูŽุนูŒ ูˆูŽุฅูุนู’ุฌูŽุงุจูŒ ุงู’ู„ู…ูŽุฑู’ุกู ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู
.
โ€œTiga perkara yang membinasakan: suh (ุดูุญู‘ูŒ: rakus sekaligus bakhil pada saat yang sama) yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan โ€˜ujub seseorang terhadap dirinya.โ€ (HR. Thabrani).Betapa pun anak-anak kita tampak baik dan cemerlang prestasinya, andaikan begitu, tetap saja kita perlu senantiasa memohon kepada Allah Taโ€™ala dan menjaga diri kita dari berlepas diri terhadap Allah Taโ€™ala bersebab demikian pekatnya โ€˜ujub menutupi diri kita.Marilah sejenak kita ingat doโ€™a yang dituntunkan oleh Rasulullah shallaLlahu โ€˜alaihi wa sallam:
.
“ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูŽูƒูŽ ุฃูŽุฑู’ุฌููˆ ููŽู„ูŽุง ุชูŽูƒูู„ู’ู†ููŠ ุฅูู„ูŽู‰ ู†ูŽูู’ุณููŠ ุทูŽุฑู’ููŽุฉูŽ ุนูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ููŠ ุดูŽุฃู’ู†ููŠ ูƒูู„ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ”
.
“Ya Allah, rahmat-Mu yang kuharapkan. Maka janganlah Engkau jadikan aku bergantung kepada diriku sendiri, walaupun hanya sekejap mata. Dan perbaikilah seluruh keadaanku. Tidak ada yang berhak diibadahi melainkan Engkau.” Do’a dari hadis shahih riwayat Abu Dawud.Semoga catatan sederhana ini bermanfaat. Kepada Allah Taโ€™ala kita meminta pertolongan. Semoga Allah Taโ€™ala limpahi kita semua dengan husnul khatimah. Semoga pula Allah Taโ€™ala baguskan keturunan kita. Allahumma aamiin.Wallahu aโ€™lam bish-shawab.

Etika left dari sebuah grup di gadged

โœ*SURAT IZIN LEFT* โœ_*๐ŸŒนุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡*__Yang Terhormat Jajaran Admin dan rekan *Grup*._
_Mohon Maaf, ๐Ÿ™Dengan Tidak Mengurangi Rasa Hormat, Saya Secara Pribadi Memohon Izin Left Dari Wadah Ini Dikarenakan Ada Beberapa Hal Yang Tidak Bisa Saya Utarakan Di Sini.__Mohon Maaf Yang Sebesar-Besarnya Jika Dalam Berinteraksi Dan Berkomunikasi Di Wa Saya Belum Memberikan Kontribusi Yang Maksimal.__Kita Akan Tetap Menjadi Sahabat Seperjuangan Pada Suatu Perjalanan hidup_
_Sekali Lagi Saya Mohon Maaf Yang Sebesar-Besarnya Atas Segala Kebijakan Serta Kebaikan Rekan-Rekan Semua.__Terima kasih ilmuยฒ yg sudah ana pelajari sangat bermanfaat Aamiin_*ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡*

*RUMAH SERIBU CERMIN …*

Ada seekor anjing kecil yg selalu bermuka muram sedang berjalan jalan sambil merengut…__Tibaยฒ ia tertarik untuk masuk ke suatu rumah yg pintunya terbuka…__Ia tidak tahu bahwa didalam rumah tersebut terpasang *1000 cermin.*__Begitu anjing tersebut masuk kedalam rumah, betapa kagetnya ia_ ……._*Ternyata ada 1000 anjing kecil dg ekspresi merenggut marah memandang kearahnya…!*__Karena merasa terancam, iapun menggonggong kearah 1000 anjing tersebut…__Rupanya gonggongan tersebut dibalas dg gonggongan juga oleh 1000 anjing yg tak lain adalah pantulan dirinya sendiri di 1000 cermin tersebut..__Karena takut, anjing kecil itupun keluar dari rumah tersebut…__Hati kecilnya berkata, *”Rumah ini sungguh mengerikan”*__Tak berapa lama setelah anjing tadi pergi, ada seekor anjing kecil lain yg berhati riang juga sedang berjalan jalan di sekitar tempat itu…__Ia masuk ke rumah tersebut yg pintunya terbuka, disana ada 1000 cermin dan sambil tersenyum iapun memandang cermin ituโ€ฆโ€ฆโ€ฆ..__*Betapa senangnya ia karena ia melihat ada 1000 anjing lain yg juga sedang tersenyum manis menatap dirinya…*__Iapun meng-ibasยฒkan ekornya dan melompat dg riang dan โ€ฆโ€ฆ.. 1000 anjing di hadapannya juga ikutยฒan mengibaskan ekornya dan me-lompatยฒ โ€ฆโ€ฆโ€ฆ__Didalam hatinya ia berkata , *”Wah ….. menyenangkan sekali tempat ini……* “__*Saudaraku ………*_
_*”Sebenarnya kehidupan ini adalah rumah dg 1000 cermin tersebut …”*__*Hidup hanya merefleksikan apa yg ada pada diri kita sendiri*..__*Ketika kita berpikir bahwa kehidupan itu sulit, susah, maka kehidupan pun menjadi benarยฒ susah*…__*Realita seperti itulah yg akan ditemukan*…__*Ketika kita hanya mengingat keburukan seseorang maka yg muncul halยฒ yg buruk saja*…__*Berusahalah mengingat kebaikan seseorang untuk menemukan lebih banyak kebaikan..*__*Demikian pula untuk tubuh kita bila kita selalu berfikir sakit, lemah, letih, lesu maka benarlah yg terjadi tubuh kita menjadi sakit, lemah, letih dan lesu โ€ฆโ€ฆ.*__*Berhentilah murung, mengeluh n “MENGGONGGONG” atas halยฒ disekitar kita…*__*Sebaliknya, berusahalah memperbaiki mental dan sikap , berpikir positif, bersyukur dan selalu menebar kebaikan*__*Dan rasakanlah sensasi rumah 1000 cermin, dan dahsyatnya berbaik sangka*……_’Semoga bermanfaat.., Selamat pagi.. Salam Sehat selalu…’*#Kerja#Sehat#Bahagia#*

AYAH ZAMAN NOW…

1. Seorang ayah yang mematikan televisi tatkala mendengar adzan kemudian ia pergi ke masjid untuk menegakkan shalat, yang demikian itu akan menjadikan anak-anaknya senantiasa menjaga shalat seperti ayah mereka.2. Seorang ayah yang ketika ia hendak masuk ke rumah ia mengucapkan (ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู…) dan mengetuk pintu dan memberikan senyuman pada istri dan anak-anaknya; niscaya anak-anak akan belajar darinya adab minta izin, mengucapkan salam dan tersenyum.3. Seorang ayah yang menghormati ayah dan ibunya dan mencium kedua tangannya, kelak anak-anakmu akan mencium tanganmu dan mentatatimu selalu.4. Seorang ayah yang membantu istrinya dalam urusan pekerjaan rumah, nniscaya anak-anak akan belajar darinya arti tolong menolong dan membantu orang lain.5. Seorang ibu yang berhijab senantisa menjaga shalat dan membaca al Quran di rumah, yang demikian akan menjadikan anak perempuanmu senantiasa berhijab, menjaga shalat dan membaca al Quran.6. Seorang ayah dan ibu yang ssepakat dan sepemahaman dalam suatu permasalahan terkhusus di depan anak-anak, tidak pula berdebat dan saling meninggikan suara, niscaya akan menjadikan anak-anak mencintai rumah, mudah bergaul, saling menyayangi, saling menguatkan dan lebih saling memahami.7. Seorang ayah yang senantiasa menyambung silaturrahim dan berbuat baik dan mencintai saudara-saudanya, niscaya anak-anak akan belajar darinya hakikat silaturrahim, berbakti dan berbuat baik.8. Seorang ayah yang mengamabil dan menjadikan pendapat istri dan anak-anaknya pada sebagian urusan dan mendiskusikan bersama mereka, yang demikian akan mengajarkan anak-anak cara berpartisipasi dan membangun nilai-nilai positif.9. Seorang ayah yang senantiasa jujur pada anak-anaknya, niscaya anak-anak akan belajar arti kejujuran, seorang ayah yang senantiasa menepati janji pada anak-anaknya, niscaya mereka akan belajar tentang menepati janji pada manusia.10. Seorang ayah dan ibu yang senantiasa menjaga kebersihan, aturan dan ketertiban, akan menjadikan anak-anak mereka senantiasa tertib dalam kehidupan mereka dan menjaga kebersihan dan ketertiban tempat tidur mereka.Catatatan penting:
Pendidikan yang dibangun di atas keteladanan itu jalan termudah dan langsung dalam usaha menghadirkan anak-anak yang gemilang diusia belia. Jika ayah dan ibu lalai dari pada perkara-perkara di atas jangan heran jika anak-anak tumbuh dan dewasa tidak sesuai harapan..Wa allahu Aโ€™lam Bisshawab

*Kisah Tauladan* bersyukurlah

Di zaman Nabi Musa AS, ada sepasang suami istri yang hidup degan penuh kemiskinan dan mereka menghadapinya dengan penuh kesabaran.Suatu ketika, tatkala mereka beristirahat, sang istri bertanya kepada suaminya :
*Wahai suamiku, bukankah Musa adalah seorang Nabi …?”*.Lalu sang suami menjawab :
*Ya, benar*.

Sang istri berkata lagi :
*Kenapa kita tidak pergi saja kepada-nya untuk mengadukan kondisi kita yg penuh dengan kemiskinan dan memintanya agar ia berbicara kepada Robb-nya …? Agar DIA Menganugerahkan kepada kita kekayaan”*.Akhirnya mereka mengadukan kemiskinannya kpd Nabi Musa AS, lalu Nabi Musa pergi Menghadap Allah SWT dan Menyampaikan keadaan keluarga tersebut, dan Allah SWT berfirman kepada Musa :
*Wahai Musa, katakanlah kepada mereka, AKU akan Memberikan kepada mereka kekayaan, tetapi kekayaan itu AKU berikan hanya satu tahun dan setelah satu tahun, akan Aku kembalikan mereka menjadi orang miskin kembali”*.Lalu Nabi Musa menyampaikan kepada mereka bahwasanya Allah SWT telah Mengabulkan permohonan mereka, dengan syarat kekayaan itu hanya satu tahun lamanya…
Dan mereka menerima kabar tersebut dengan penuh kebahagiaan dan kegembiraan.Beberapa hari kemudian datanglah rizqi yang melimpah dari jalan yg tak diketahui darimana arahnya dan merekapun menjadi orang terkaya pada saat itu.Keadaan merekapun berubah dengan kekayaan yang melimpah.
Lalu sang istri berkata kepada suaminya :
*Wahai suamiku, selama setahun ini kita akan memberi makan orangยฒ miskin dan menyantuni anakยฒ yatim mumpung kita masih punya kesempatan, karena setelah setahun kita akan kembali miskin”*.
*
Sang suami menjawab :
*Baiklah, kita akan menggunakan harta ini untuk membantu orangยฒ yang membutuhkannya”*.
*
Kemudian mereka membantu orangยฒ yang membutuhkan dan membangun tempatยฒ singgah para Musafir, serta menyediakan makan gratis bagi orang yg membutuhkan.Setelah satu tahun berlalu, mereka masih tetap sibuk menyediakan makanan sampai mereka lupa bahwasanya sudah setahun lebih mereka menjadi orang kaya dan mereka lupa bahwa akan kembali menjadi orang miskin.Nabi Musa pun heran melihat keadaan mereka yan tetap kaya, kemudian Nabi Musa bertanya kpd Allah SWT:
*Ya Robb, bukankah Engkau berjanji Memberikan mereka kekayaan hanya satu tahun saja, kemudian setelah itu Engkau akan kembalikan mereka pada kemiskinan seperti semula..?”*.Allah-pun berfirman:
*Wahai Musa, AKU telah Membuka satu pintu rizqi kepada mereka, tetapi mereka membuka beberapa pintu rizqi untuk hamba2-KU”*
*
*Wahai Musa, maka AKU titipkan lebih lama kekayaan itu pada mereka”**Wahai Musa, AKU sangat malu jikalau ada Hamba-KU yg lebih mulia dan lebih pemurah dari pada-KU”*
*
Nabi Musa menjawab :*ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ู…ุง ุฃุนุธู… ุดุฃู†ูƒ ูˆุฃุฑูุน ู…ูƒุงู†ูƒ*
*Maha Suci Engkau Ya Allah Yg Maha Mulia lagi Maha Penyayang”*
*
*Pesan Moral..!!*
_*Jangan tanyakan nikmat mana lagi yg belum kita dapatkan, akantetapi tanyalah lagi nikmat mana yg belum kita syukuri dan belum kita infakkan*_
*
*Kita sering lupa bahwa nikmat karunia Allah itu hanyalah titipan yang bisa diambil oleh-Nya kapan saja DIA mau mengambilnya*_Semoga Bermanfaat_

_*Berhati-Hati pada Kebanggaan Terselubung*_

Beberapa orang memiliki kemampuan untuk berpuasa Senin dan Kamis, sepanjang tahun, tapi yang lain mungkin tidak bisa.
Namun mereka memiliki kemampuan bangun di tengah malam untuk Sholat Tahajjud setiap malam, tetapi yang lain tidak dapat bangun meskipun sudah berusaha.Yang lain tidak bisa melakukan kedua hal di atas, tetapi di mana pun mereka berjalan, mereka bersedekah dengan murah hati kepada para pengemis.Beberapa orang tidak memiliki kekuatan untuk melakukan ibadah tambahan, tetapi mampu menjaga hati yang bersih dan wajah yang tersenyum terhadap orang-orang sepanjang waktu.*Intinya?*Jangan pernah berpikir bahwa mereka yang tidak melakukan seperti apa yang kita lakukan lebih rendah daripada kita, atau tidak memiliki apa pun yang bisa dipersembahkan bagi orang lain.Jangan pernah berpikir bahwa tindakan kita untuk beribadah lebih baik daripada tindakan orang lain.Jangan biarkan kesalehan kita menumbuhkan kebanggaan terselubung dalam diri kita.Jangan biarkan kesalehan kita meng-isolasi diri kita dari keluarga dan teman. *Jangan biarkan itu membuat kita merasa lebih suci dari orang lain*.Keturunan, kekayaan, kemampuan ilmiah, warna kulit kita, kekuatan di medan perang bukan kriteria untuk kesalehan kita.Ada banyak di Afrika, Eropa, Asia, Cina dan seluruh dunia yang mungkin lebih dekat dengan Allah daripada kita karena fakta sederhana bahwa mereka dapat menanggung kesulitan dan mengatasi cobaan lebih baik daripada kita.*Penampilan dan pakaian kita bukanlah kriteria untuk kesalehan*.Ada banyak manusia di dunia ini yang lebih dekat dengan Allah SWT meskipun mereka tampak biasa-biasa saja.Afiliasi kita dengan sebuah jamaah atau lembaga ilmiah mana pun, harus menjadi sarana untuk memusnahkan ego dan kebanggaan kita, tanpa memandang rendah orang lain.Ada banyak yang hatinya murni meskipun tidak ber-afiliasi dengan salah satu di atas.Hal ini bukan paspor otomatis ke Surga.Ada orang yang masuk surga hanya dengan memuaskan dahaga seekor anjing, yang lain mendapatkannya dengan hanya memaafkan semua orang setiap hari sebelum tidur.Mereka tidak memiliki banyak hal untuk ditampilkan, tetapi apa yang mereka lakukan, penting bagi Allah.Seseorang mungkin berjalan melalui gerbang surga dengan modal sangat sedikit dan kehadirannya ketika hidup di muka bumi tidak dianggap penting, sementara yang lain dengan perbuatan yang jauh lebih besar justru binasa karena kesombongan mereka.Jangan terkejut jika orang itu menuntun Anda berjalan melewati gerbang Surga.MARILAH *SELALU MELIHAT HAL BAIK YANG ADA PADA DIRI ORANG LAIN*.*evaluasi_akhir_tahun*

*SEORANG KAKEK DAN SEPEDA MOTORNYA*

Cerita ini tentang seorang kakek yang motornya sedang diparkirkan di sebuah tempat parkir. Ketika kakek tersebut hendak mengambil kendaraannya ia kemudian didekati oleh seorang petugas.
“Maaf Pak, parkir motornya dua ribu.”
“Sebentar ya,” si kakek merogoh saku celananya , “berapa tadi?”
“Dua ribu Pak.”
Sang kakek akhirnya menemukan uang yang dicari, kemudian selembar dua ribuan itu diberikan kepada si tukang parkir, tetapi wajahnya tiba-tiba berubah menjadi pucat.
“Maaf Pak, ada apa dengan uang ini? Apa Bapak tidak punya uang lagi? Tidak apa-apa Pak tak perlu bayar lagi jika begitu.”
“Bukan. Bukan. Saya mendadak teringat kepada dosa-dosa saya sendiri,”
“Maksudnya Pak?”
“Ini lihatlah, motor saya hanya singgah sebentar di sini, lalu dijaga dan diawasi baik-baik agar tidak hilang, saya harus membayar biaya parkirnya,” sejenak ia menghela napas dan binar matanya mulai basah.
“Lalu bagaimana dengan diri saya ini? Bukankah dunia juga hanya tempat singgah? Saya sudah lama singgah di dunia ini dan Allah menjaga dan mengawasi saya sehingga sampai hari ini saya masih sehat. Lalu mengapa saya tidak pernah membayarnya kepada Allah?”
Akhirnya tumpah juga air matanya meleleh ke pipi. Sang kakek benar-benar tersentuh dengan kejadian ini.
“Saya menyesal sekarang. Sejak dulu saya jauh dari ibadah kepada Allah, padahal Allah yang selama ini memberi penjagaan sebaik-baiknya kepada saya. Ya Allah, saya bertaubat kepadaMu.”ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู…ูŽุซูŽู„ููŠู’ ูˆูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูƒูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุฑูŽุงูƒูุจู ุธูŽู„ู‘ูŽ ุชูŽุญู’ุชูŽ ุดูŽุฌูŽุฑูŽุฉู ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุงุญูŽ ูˆูŽุชูŽุฑูŽูƒูŽู‡ูŽุง”Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan dunia ini ialah seperti pengendara yang berteduh di bawah pohon, ia singgah (sesaat) kemudian meninggalkannya.”
(Hadist Riwayat Ahmad, Tirmidzi).

*Tetaplah Melempar Kebaikan*

Teman-teman semua, saya mencintai Anda karena Allah dan karenanya saya mengingatkan Anda semua.

Jangan melempar keburukan baik itu melalui ucapan, tindakan, perasaan, maupun pikiran. Mungkin keburukan dari perasan dan pikiran bisa tidak terkendali, tapi setidaknya kendalikan agar jangan sampai terucap atau dilakukan.

Sebab apa?

Keburukan yang kita ucapkan atau lakukan, menjadi energi buruk di masa depan dimana kita akan menuju kesana.

Akhirnya justru kita mengalami keburukan tersebut.

Maka bila ada yang bersikap atau berucap buruk, diam saja atau balas dengan kebaikan.

Keburukan yang diucapkan/dilakukan seseorang itu berlaku untuk dirinya sendiri.

Lalu kalau kita menimpali dengan ucapan atau perbuatan buruk lagi, maka keburukan kita itu berlaku untuk kita lagi.

Makanya balaslah keburukan dengan kebaikan atau DIAM.

Jangan sampai kita memperburuk energi di masa depan dengan lemparan energi buruk sekarang.

Tapi perbanyaklah lemparan energi baik. Bisa melalui ucapan, tindakan, pikiran, atau perasaan. Setidaknya, berucap hanya yang baik.

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai